Spesifikasi Su-35, Jet Tempur Canggih Rusia yang Hendak Dipasok ke Iran

Selasa, 27 Desember 2022 - 14:50 WIB
loading...
Spesifikasi Su-35, Jet Tempur Canggih Rusia yang Hendak Dipasok ke Iran
Rusia dilaporkan hendak memasok 24 jet tempur Su-35 ke Iran. Foto/RIA Novosti
A A A
JAKARTA - Rusia dilaporkan akan memasok 24 unit jet tempur canggih Su-35 ke Iran mulai tahun 2023. Sumber keamanan Amerika Serikat (AS) menyebut pilot-pilot Teheran telah menjalani pelatihan jet tempur Moskow tersebut.

Pemerintah Rusia maupun Iran tidak berkomentar atas laporan tersebut, meski hubungan militer kedua negara terus menguat sejak Moskow menginvasi Ukraina.

Media Israel, Channel 12, mengutip sumber intelijen Barat, melaporkan kesepakatan antara Moskow dan Teheran mencakup sebanyak 24 jet tempur Su-35 yang awalnya ditujukan untuk Mesir.

Mesir gagal memperoleh dua lusin jet tempur tersebut setelah kesepakatannya dengan Rusia digagalkan oleh Amerika Serikat (AS).

Kegagalan kesepakatan dengan Mesir inilah yang membuat Moskow mencari pembeli potensial baru, yang akhirnya menemukan Teheran.

Laporan itu muncul setelah media Iran melaporkan pada bulan September lalu bahwa Teheran sedang mempertimbangkan pembelian semacam itu.



Seperti apa kecanggihan dan kekuatan jet tempur Su-35 Rusia. Berikut spesifikasinya:

1. Desain dan Kokpit dari Su-35 Flanker-E

Jet tempur ini memiliki panjang 21,9 meter, lebar sayap 15,3 meter dan tinggi 5,9 meter dan memiliki kapasitas muatan maksimum mencapai 8.000 Kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)