Serangan di Kherson Tewaskan 10 orang, Rusia Salahkan Pasukan Pro-Kiev

Minggu, 25 Desember 2022 - 11:13 WIB
loading...
Serangan di Kherson Tewaskan 10 orang, Rusia Salahkan Pasukan Pro-Kiev
Pejabat Pro-Moskow sebut serangan di Kherson yang menewaskan 10 orang dilakukan oleh pasukan Pro-Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Serangan Rusia di kota Kherson yang baru saja direbut kembali Ukraina menewaskan sedikitnya 10 orang, melukai 58 orang dan meninggalkan mayat berlumuran darah di jalan.

Namun seorang pejabat pro-Moskow menanggapi dengan mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan serangan dalam upaya untuk menyalahkan militer Rusia.

Rusia menguasai sebagian besar tapi tidak semua wilayah Kherson. Gubernur setempat Yaroslav Yanushevych, yang ditunjuk oleh Kiev, mengatakan kepada televisi nasional bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 10 orang, kata kantor berita Interfax Ukraina.

Namun Vladimir Saldo, gubernur wilayah yang dilantik Rusia, mengatakan Kiev telah memerintahkan pasukan untuk menyerang kota.

“Ini adalah provokasi yang menjijikkan dengan tujuan yang jelas untuk menyalahkan angkatan bersenjata Rusia,” tulisnya di Telegram seperti dikutip dari Reuters, Minggu (25/12/2022).



Yuriy Sobolevskyi, wakil ketua dewan regional, mengatakan sebuah rudal mendarat di sebelah supermarket dekat Lapangan Kebebasan kota.

“Ada warga sipil di sana, masing-masing menjalani kehidupannya sendiri, menjalankan bisnisnya sendiri,” katanya, memperhatikan seorang gadis yang menjual kartu SIM telepon, yang lain menurunkan barang dari truk, dan orang yang lewat.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan dari Kherson secara independen.

Ukraina merebut kembali Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang dikuasai Rusia sejak invasi 24 Februari, pada November lalu. Sejak itu, Kiev mengatakan pasukan Rusia telah menembaki kota itu dari seberang sungai Dnipro yang luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)