Diterjang Badai Musim Dingin Ekstrem, Hampir 2 Juta Warga AS Tanpa Listrik

Minggu, 25 Desember 2022 - 07:48 WIB
loading...
Diterjang Badai Musim Dingin Ekstrem, Hampir 2 Juta Warga AS Tanpa Listrik
Diterjang badai musim dingin ekstrem, hampir 2 juta warga AS tanpa listrik. Foto/Globe and Mail
A A A
WASHINGTON - Badai musim dingin ekstrem melanda sebagian besar Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (24/12/2022) menyebabkan hampir 2 juta orang tanpa listrik.

Saat suhu minus malam Natal pada musim dingin kali ini diperkirakan akan mencatat rekor terdingin, sistem energi di seluruh AS menjadi tegang karena meningkatnya permintaan akan pemanas dan kerusakan terkait badai pada jalur transmisi.

Menurut situs pelacakan Poweroutage.us, sekitar 1,8 juta rumah dan bisnis AS dibiarkan tanpa listrik pada Sabtu pagi waktu setempat.

Banyak perusahaan listrik meminta para pelanggannya untuk menghemat energi dengan tidak menjalankan peralatan besar dan mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Gangguan tersebut juga mengganggu rutinitas sehari-hari dan rencana liburan jutaan warga Amerika selama salah satu periode perjalanan tersibuk tahun ini.

Menurut layanan pelacakan penerbangan FlightAware, hampir 2.000 penerbangan di AS dibatalkan pada hari Sabtu, dengan total penundaan mencapai 4.000.



"Lebih dari 5.000 penerbangan dibatalkan pada hari Jumat," kata situs pelacakan penerbangan seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (25/12/2022).

Kecelakaan mobil yang fatal di seluruh negeri menyebabkan sedikitnya 14 orang tewas akibat kecelakaan terkait cuaca, menurut laporan media.

Layanan Cuaca Nasional (NWS) AS mengatakan suhu diperkirakan akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu dengan hanya -13 derajat Celcius di Pittsburgh, melampaui suhu tertinggi Malam Natal terdingin sepanjang masa -10 derajat Celcius, yang terjadi pada tahun 1983.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)