Hubungan AS-Rusia Seperti Zaman Es, Berisiko Tinggi Bentrokan Langsung

Sabtu, 24 Desember 2022 - 01:49 WIB
loading...
Hubungan AS-Rusia Seperti Zaman Es, Berisiko Tinggi Bentrokan Langsung
Amerika Serikat, yang mendukung Ukraina, berisiko tinggi terlibat bentrok langsung dengan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Moskow menganggap keadaan hubungan Rusia dan Amerika Serikat (AS) saat ini seperti "zaman es" dan ada risiko tinggi dari kemungkinan bentrokan langsung militer kedua negara.

Kekhawatiran Moskow disampaikan Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov, sebagaimana dikutip dari kantor berita TASS, Sabtu (24/12/2022).

Menurut Antonov, sulit untuk mengatakan kapan pembicaraan antara kedua belah pihak dapat dilanjutkan karena keadaan hubungan itu sekarang seperti "zaman es".

"Tegasnya, saat ini sulit untuk mengatakan kapan dialog ini—dialog tentang stabilitas strategis—dapat dilanjutkan. Kami tidak membekukannya, kami tidak mendeklarasikan perang proksi melawan AS, kami tidak membuang seluruh mesin industri militer NATO ke wilayah Ukraina untuk melawan Federasi Rusia," paparnya.



Kremlin sebelumnya menuduh AS melakukan perang proksi melawan Rusia setelah Washington meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina dan menjamu Presiden Volodymyr Zelensky di Gedung Putih dan Kongres.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa paket dukungan AS terbaru—yang mencakup sistem pertahanan rudal Patriot yang sangat dicari Kiev—tidak kondusif untuk penyelesaian cepat.

Sebagai bagian dari paket dukungan AS, pasukan Ukraina akan belajar bagaimana menggunakan sistem baterai rudal permukaan-ke-udara Patriot di Jerman, dan akan memakan waktu beberapa bulan sebelum mereka dapat menyebarkan senjata pertahanan itu di medan perang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)