Angkatan Luar Angkasa AS Latihan Perang di Eropa

Jum'at, 23 Desember 2022 - 20:00 WIB
loading...
A A A
“Kami akan bertarung di luar angkasa sebagai koalisi, dan peluang ini sangat berharga untuk membangun tim yang akan bertarung bersama jika diperlukan,” imbuhnya.

AS telah mendukung Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia dengan senjata, perbekalan, dan bentuk bantuan militer lainnya, seperti intelijen, sambil mengklaim tidak terlibat langsung dalam konflik tersebut.



Jenderal John Raymond, kepala operasi luar angkasa AS, mengatakan pada bulan Juli bahwa ruang komersial sangat penting dalam memberikan kemampuan yang telah membantu Ukraina.

Salah satu kasus yang terkenal adalah pasokan peralatan darat Starlink ke Ukraina. SpaceX milik Elon Musk telah menyediakan akses ke layanan internet broadband satelit untuk pasukan Kiev.

Berbicara di sebuah acara luar angkasa di PBB pada bulan Oktober, perwakilan Rusia Konstantin Vorontsov menyatakan keprihatinannay kepada AS dan sekutunya yang menggunakan elemen infrastruktur ruang angkasa sipil, termasuk komersial, untuk tujuan militer.

Ia pun memperingatkan bahwa infrastruktur kuasi-sipil mungkin dianggap sebagai target yang sah untuk serangan balasan.

AS meluncurkan Angkatan Luar Angkasa sebagai cabang militer terpisah pada tahun 2019, lebih dari 50 tahun setelah bergabung dengan Uni Soviet dan Inggris dalam menandatangani perjanjian yang berjanji untuk menyisihkan ruang angkasa untuk “tujuan damai”.

Pentagon mengklaim bahwa mereka harus memperlakukan luar angkasa sebagai "domain perang" karena dugaan ancaman dari Rusia dan China.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)