7 Negara yang Pernah Terjadi Kudeta Militer, Salah Satunya Negara Tetangga

Jum'at, 23 Desember 2022 - 18:17 WIB
loading...
7 Negara yang Pernah Terjadi Kudeta Militer, Salah Satunya Negara Tetangga
7 negara yang pernah terjadi kudeta militer, salah satunya adalah Myanmar. Foto/East Asia Forum
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh negara yang pernah mengalami kudeta militer . Pada dasarnya kudeta merupakan penggulingan suatu rezim yang tengah berkuasa.

Seperti namanya, kudeta militer yang terjadi di suatu negara ini merupakan sebuah upaya menggulingkan suatu pemerintahan oleh kalangan militer secara ilegal.

Berikut tujuh negara yang pernah terjadi kudeta militer :

1. Sudan

Kudeta militer yang terjadi di Sudan ini baru saja terjadi pada 25 Oktober 2021. Mengutip dari cfr.org, elemen militer dari koalisi sipil militer bergerak untuk mengubah Sudan dari masa otokratis nya menjadi lebih demokratis.

Ketika negara yang berada di Afrika itu tengah mengalami krisis ekonomi, justru terjadi perebutan kekuasaan dan banyak pertikaian di kursi pemerintahan.

Akhirnya Jenderal militer Abdel Fatah Al Burhan mengumumkan keadaan darurat dan membubarkan pemerintahan yang kala itu tengah dipimpin oleh Perdana Menteri Abdalla Hamdok.

2. Libya

Dilansir dari history.com, Muammar Al Qaddafi yang masih berusia 27 tahun menggulingkan Raja Idris I dibantu oleh sekelompok perwira pada 1 September 1969.

Akhirnya Qaddafi diangkat sebagai ketua badan pemerintahan Libya yang baru. Namun pada Februari 2011 pemimpin yang telah menggulingkan pimpinan sebelumnya ini justru digulingkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)