Dituding Zelensky Pasok Drone ke Rusia, Iran: Jangan Uji Kesabaran Kami

Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:15 WIB
loading...
Dituding Zelensky Pasok Drone ke Rusia, Iran: Jangan Uji Kesabaran Kami
Iran merasa gerah dengan tudingan memasok drone ke Rusia yang dilontarkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Seorang pejabat Iran memperingatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa kesabaran negaranya tidak "tak ada habis" di tengah tuduhan Rusia menggunakan drone produksi Teheran dalam perang.

Dalam pidatonnya sebelum pertemuan bersama Kongres, Zelensky berbicara tentang gelombang serangan rudal Rusia yang sering terjadi dan mengatakan Iran telah menjadi sekutu rezim Presiden Rusia Vladimir Putin dalam apa yang disebutnya sebagai kebijakan genosida.

“Ratusan pesawat tak berawak Iran yang dikirim ke Rusia—ratusan menjadi ancaman bagi infrastruktur kritis kami,” kata Zelensky.

"Begitulah cara seorang teroris menemukan yang lain," imbuhnya.

Belakangan dalam pidatonya, Zelensky menyebutkan kemungkinan bahwa Rusia akan mengirim pesawat tak berawak Iran untuk menyerang pada Malam Natal dan memaksa warga sipil Ukraina ke tempat perlindungan bom.



Sebuah rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran membidik tuduhan tersebut, kali ini berfokus pada apa yang dikatakannya sebagai tuduhan berulang dan komentar kasar terhadap Republik Islam Iran di Kongres AS.

Menurut rilis Kementerian Luar Negeri Iran, juru bicara Nasser Kanaani mengatakan bahwa Iran telah berulang kali menanggapi tuduhan tak berdasar terkait drone yang dilontarkan oleh pejabat Ukraina terhadap Teheran.

Kanaani juga mengatakan bahwa Iran belum memberikan peralatan militer kepada kedua belah pihak untuk digunakan dalam perang Ukraina.

"Tuan Zelensky sebaiknya tahu bahwa kesabaran strategis Iran atas tuduhan tidak berdasar seperti itu tidak ada habisnya," kata Kanaani seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (23/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)