F-35 AS Mampu Tembak Su-35 Rusia di Luar Jangkauan Visual, tapi Kabur Jika Duel Dekat

Kamis, 22 Desember 2022 - 08:34 WIB
loading...
F-35 AS Mampu Tembak Su-35 Rusia di Luar Jangkauan Visual, tapi Kabur Jika Duel Dekat
Jet tempur siluman F-35 AS mampu tembak jatuh jet tempur Su-35 Rusia di luar jangkauan visual, namun pilot F-35 direkomendasikan pergi jika berdekatan dengan Su-35. Foto/via Defence View
A A A
HELLENIC - Jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) memiliki kemampuan untuk menembak jatuh jet tempur Su-35 Rusia di luar jangkauan visual.

Tetapi, pesawat canggih Amerika itu direkomendasikan untuk bergegas pergi jika berdekatan dengan pesawat Moskow tersebut.

Rekomendasi itu memang sesuai tujuan dari perancangan F-35, yakni dibuat bukan untuk pertempuran udara jarak dekat atau dogfight. Perwira NATO, Konstantinos Zikidis, membenarkan hal itu.

Pakar militer dan pilot taktis selama ini mencoba menganalisis situasi di mana kedua pesawat itu bertemu. Siapa yang akan mendapat keuntungan dari yang lain, dengan apa dan bagaimana pertempuran seperti itu akan berakhir?



Menurut analisis media pertahanan Bulgarian Military, Kamis (22/12/2022), fakta bahwa F-35 adalah pesawat serang karena tujuannya bukan untuk melawan pesawat musuh tetapi untuk melakukan serangan udara ke target darat menggunakan rudal udara-ke-permukaan.

Dengan penjelasan itu, ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika F-35 bertempur dengan Su-35 Flanker-E.

1. Pertempuran di Luar Jangkauan Visual

Salah satu dari dua pesawat tempur tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengidentifikasi lawannya. Sekadar diketahui, F-35 dilengkapi dengan sensor yang sangat canggih yang menawarkan kesadaran medan perang yang luar biasa.

Secara sederhana, ini berarti bahwa F-35 akan melihat Su-35 jauh lebih awal dan pada jarak yang lebih jauh daripada kemampuan pesawat tempur Rusia melawan musuh Amerikanya. Dalam situasi seperti ini, F-35 dapat menembakkan rudal udara-ke-udaranya dan dapat menghancurkan Su-35 tanpa pilot Rusia tahu siapa yang menghantamnya dan dari mana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)