Jet Siluman F-35B AS Mendarat dengan Hidung Pesawat, Pilot Terlontar Dramatis

Sabtu, 17 Desember 2022 - 00:53 WIB
loading...
Jet Siluman F-35B AS Mendarat dengan Hidung Pesawat, Pilot Terlontar Dramatis
Jet tempur siluman F-35B Amerika Serikat mengalami kecelakaan dramatis saat mendarat di sebuah pangkalan di Texas. Pilotnya terlontar. Foto/Kitt Wilder
A A A
WASHINGTON - Seorang pilot militer Amerika Serikat (AS) secara dramatis melontarkan diri dari jet tempur siluman F-35B Lightning II saat mendarat darurat di pangkalan Angkatan Laut di Texas, hari Kamis.

Jet tempur canggih itu mengalami kecelakaan, yakni mendarat di landasan dengan hidung pesawat.

Kecelakaan jet tempur senilai USD100 juta ini terjadi di Naval Air Station Joint Reserve Base [Pangkalan Cadangan Gabungan Stasiun Udara Angkatan Laut] di Fort Worth.

Kondisi pilot belum diketahui.

Ini bukan pertama kalinya F-35B—varian F-35 yang lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti helikopter—mengalami kecelakaan dalam bulan ini.



Pada 1 Desember lalu, roda pendaratan depan jet tempur F-35B Amerika terputus saat ditarik melintasi landasan di Pangkalan Udara Kadena, Okinawa, Jepang.

Pada tahun lalu, sebuah jet tempur serupa milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris meluncur dari dek penerbangan sebuah kapal induk dan tenggelam ke Laut Mediterania.

Cuplikan video dari kecelakaan di Fort Worth menunjukkan F-35B turun secara vertikal dari langit ke landasan pacu dan mendarat dengan lembut. Namun, pesawat kemudian memantul beberapa kaki ke udara dan bergerak maju, sebelum tiba-tiba terlempar ke depan dengan hidungnya menyentuh landasan terlebih dahulu.

Pesawat selanjutnya membalik ke depan dalam awan debu dan asap sebelum berputar 180 derajat. Ia kemudian bertahan pada roda pendaratannya saat terus meluncur ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)