10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah

Rabu, 21 Desember 2022 - 10:18 WIB
loading...
10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah
Harry S Truman merupakan Presiden Amerika Serikat ke-33. Foto/britannica
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) saat ini, Joe Biden, adalah lulusan University of Delaware dan Syracuse Law School.

Namun, dalam sejarah Amerika Serikat, terdapat presiden yang ternyata tidak lulus kuliah. Bahkan ada juga presiden yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Berikut daftarnya.

1. George Washington

George Washington merupakan Presiden Amerika Serikat pertama. Ia resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat saat berusia 57 tahun, pada 30 April 1789.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Diketahui, Washington tidak pernah kuliah. Meski tidak pernah kuliah, Washington mendapatkan lisensi surveyor di College of William & Mary, Virginia.

2. James Monroe

James Monroe adalah Presiden Amerika Serikat ke-5. Ia memerintah Amerika Serikat pada 1817-1825. Pada 1774, ia berkuliah di College of William & Mary.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Saat kuliah, ia terlibat dalam aktivitas revolusioner. Hingga akhirnya, pada 1775, ia putus kuliah dan tidak pernah menyelesaikan pendidikan tingginya.

3. Andrew Jackson

Andrew Jackson adalah Presiden Amerika Serikat ke-7. Bagi Jackson, kuliah bukanlah suatu pilihan. Meski tidak pernah kuliah, ia membangun kariernya sebagai penasihat hukum.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Ia belajar di kantor pengacara di Salisbury Carolina Utara dan lulus pada 1787. Kemudian, Jackson menjadi seorang pengacara.

4. Martin Van Buren

Martin Van Buren adalah Presiden Amerika Serikat ke-8. Ia memerintah pada 1837-1841. Diketahui, Van Buren tidak pernah kuliah dengan baik.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Namun, pada usia 21 tahun, ia mendapat lisensi sebagai pengacara. Pria keturunan Belanda ini lahir pada 1782. Ia adalah anak dari seorang pemilik kedai minuman serta petani di Kinderhook, New York.

5. William Henry Harrison

William Henry Harrison adalah Presiden Amerika Serikat ke-9. Ia merupakan keturunan aristokrat yang memulai belajar kedokteran di University of Pennsylvania.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Namun, Harrison tidak menikmatinya. Ketika sang ayah meninggal dunia, ia pun keluar dan bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Pada hari ke-32 menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Harrison meninggal dunia.

6. Zachary Taylor

Zachary Taylor lahir pada 24 November 1784. Ia adalah Presiden Amerika Serikat ke-12. Sayang, ia tidak kuliah lantaran tidak ada perguruan tinggi ketika dirinya dibesarkan di Kentucky.

Taylor menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat pada 1849-1850. Setelah setahun menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Taylor meninggal dunia.

7. Millard Fillmore

Millard Fillmore adalah Presiden Amerika Serikat ke-13 yang menjabat pada periode 1850-1853. Ia menggantikan Zachary Taylor, Presiden Amerika Serikat ke-12 yang meninggal dunia.

Fillmore pernah kuliah di New Hope Academy selama setahun, tetapi ia meninggalkannya dan bekerja sebagai hakim. Meski pendidikannya tidak sempurna, Fillmore merupakan pendiri University of Buffalo.

8. Andrew Johnson

Andrew Johnson merupakan Presiden Amerika Serikat ke-17. Johnson lahir di Raleigh, Carolina Utara pada 1808. Johnson hidup dalam kemiskinan.

Ia pun tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Namun ia berhasil menjadi seorang penjahit. Ketika berusia 17 tahun, ia membuku toko jahit di Greenville, Tennessee.

9. Grover Cleveland

Grover Cleveland adalah Presiden Amerika Serikat ke-22 pada periode 1885-1889 dan ke-24 pada periode 1893-1897. Ia dibesarkan di Fayetteville, New York. Cleveland hanya bersekolah hingga usia 16 tahun.

Kematian sang ayah membuat Cleveland putus sekolah dan tidak kuliah. Salah satu gereja menawarkan untuk membiayai pendidikan perguruan tinggi apabila dirinya menjadi seorang pendeta. Namun, Cleveland menolak tawaran tersebut.

10. Harry S Truman

Harry S Truman merupakan Presiden Amerika Serikat ke-33. Setelah lulus SMA, ia mendaftar di Spalding’s Commercial College untuk belajar bisnis.

10 Presiden Amerika Serikat yang Tidak Pernah dan Tak Lulus Kuliah


Namun, setelah satu semester, ia keluar dan tidak menerima gelar sarjana. Kemudian, ia mencoba berkuliah lagi di School of Law, Kansas City. Lagi-lagi Truman tidak meraih gelar sarjana.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)