Ironi, Negara-negara UE Jatuhkan Sanksi tapi Masih Pesan Minyak Rusia

Rabu, 21 Desember 2022 - 01:18 WIB
loading...
Ironi, Negara-negara UE Jatuhkan Sanksi tapi Masih Pesan Minyak Rusia
Uni Eropa gencar jatuhkan sanksi pada Rusia karena menginvasi Ukraina, tapi dua anggota blok Eropa itu masih memesan minyak Moskow untuk tahun 2023. Foto/Julien Warnand/Pool via REUTERS
A A A
MOSKOW - Jerman dan Polandia, keduanya anggota Uni Eropa (UE), telah memesan lebih banyak minyak dari Rusia untuk tahun 2023. Ini menjadi ironi karena blok Eropa gencar menjatuhkan sanksi kepada Moskow atas invasinya ke Ukraina .

Kepala Transneft—perusahaan pemasok minyak milik negara Rusia—, Nikolay Tokarev, mengungkap pesanan itu dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Russia 24, yang dilansir Russia Today, Selasa (20/12/2022).

Kedua negara UE itu sebelumnya mengatakan mereka akan mengakhiri pasokan minyak Rusia pada akhir tahun ini.



Menurut Tokarev, Warsawa mengharapkan untuk menerima 360.000 ton minyak mentah Rusia Desember ini dan 3 juta ton lebih pada 2023.

Dia menambahkan bahwa Berlin juga telah memesan untuk kuartal pertama tahun depan, tetapi tidak menentukan volume yang diminta.

Pada bulan November, laporan muncul bahwa Polandia bermaksud untuk mendorong sanksi UE terhadap jalur utara pipa Druzhba—di mana Polandia dan Jerman menerima minyak Rusia—guna mendapatkan dasar hukum untuk secara sepihak mengakhiri kontrak yang ada dengan Moskow tanpa penalti.

Pengilang minyak terbesar Polandia, Orlen, memiliki kontrak dengan Transneft untuk 200.000 ton minyak per bulan, yang berakhir pada Desember 2024.



Awal tahun ini, Berlin juga mengatakan akan berhenti membeli minyak melalui Druzhba pada 31 Desember.

“Mereka mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengambil minyak dari Rusia mulai 1 Januari. Namun, kami telah menerima permintaan untuk memompanya melalui pipa Druzhba untuk Polandia dan Jerman tahun depan,” kata Tokarev.

Embargo UE atas minyak Rusia, yang mulai berlaku pada 5 Desember, tidak berlaku untuk pipa Druzhba, yang hanya menargetkan pengiriman melalui laut.

Kaki selatan pipa Druzhba mengirimkan minyak ke Republik Ceko, Slovakia, dan Hungaria, yang sangat bergantung pada pasokan Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)