10 Fakta Menarik Argentina, Pemenang Piala Dunia 2022

Selasa, 20 Desember 2022 - 11:24 WIB
loading...
10 Fakta Menarik Argentina, Pemenang Piala Dunia 2022
Penggemar menampilkan spanduk Argentina bergambar Lionel Messi dan Diego Maradona sebelum pertandingan. Foto/REUTERS/Carl Recine
A A A
BUENOS AIRES - Argentina resmi menjadi juara dalam Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Menantang Prancis di partai puncak, Argentina berhasil menang 4-2 usai adu penalti.

Argentina pun semakin mendapat sorotan, terlebih negara ini memiliki berbagai fakta menarik. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Argentina.

1. Sudah 3 Kali Juara Dunia

Argentina adalah negara yang diunggulkan menjadi juara dalam setiap perhelatan Piala Dunia. Dalam Piala Dunia 1978, Argentina pertama kali meraih gelar juara.

Kala itu bersamaan pula dengan ditunjuknya Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia. Gelar keduanya diperoleh pada tahun 1986 di Meksiko.

Piala Dunia 1986 ini adalah salah satu momen sejarah yang paling diingat karena Diego Maradona menciptakan gol dengan tangannya atau yang populer disebut dengan gol tangan Tuhan.

Terakhir, Argentina baru saja menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar. Berdasarkan ranking dunia yang dirilis FIFA, Argentina kini berada di urutan ke-3, di bawah Brasil dan Belgia.

2. Negara Amerika Latin dengan Jumlah Masyarakat Muslim Terbesar

Argentina adalah negara di Amerika Latin yang memiliki penduduk Muslim terbanyak. Populasi masyarakat Muslim di negara ini berkisar antara 800 ribu sampai 1 juta jiwa.

Dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, Argentina diprediksi akan memiliki pemeluk Islam sebanyak 1,2 juta jiwa, atau setara dengan 2,5% dari penduduk secara keseluruhan.

Argentina juga memiliki masjid bernama King Fahd dan The Islamic Cultural Center yang berada di Buenos Aires.

3. Bendera Negara Sudah Ada Sebelum Merdeka

Bendera Argentina berwarna biru, putih, biru, dengan simbol matahari di tengahnya. Rupanya, bendera ini sudah ada 4 tahun sebelum Argentina merdeka dari Spanyol pada 1816.

Berbagai sumber menyebut, warna bendera ini dipilih langsung oleh Manual Belgrano yang merupakan pemimpin revolusi Argentina.

4. Terkenal dengan Tarian Tango

Bicara tentang Argentina tentu tidak terlepas dari tarian Tango. Tarian ini sudah berkembang di masyarakat kelas bawah di Buenos Aires.

Beberapa sumber menyebut bahwa Tango diperkenalkan dari sebuah rumah bordil. Melansir Britannica, tarian ini mulai dimainkan pada tahun 1880-an.

Meskipun pada awalnya mendapatkan banyak penolakan karena dinilai buruk dan terlalu sensual, namun Tango bisa diterima di masyarakat luas pada tahun 1900-an. Bahkan, tarian ini menjadi tren di Eropa pada tahun 1915.

5. Orangtua Dilarang Gunakan Nama Messi di Rosario

Satu fakta menarik dari Argentina adalah pelarangan nama Messi untuk digunakan di Kota Rosario.

Pemerintah Kota Rosario bahkan mengharamkan orangtua yang baru memiliki anak untuk menggunakan nama tersebut, melalui sebuah undang-undang. Hal itu karena Messi merupakan nama keluarga, bukan nama pertama.

6. Negara dengan Steak Terlezat di Dunia

Argentina terkenal sebagai negara yang memproduksi steak atau daging sapi paling lezat di dunia. Penulis Katie Birtles, dalam artikelnya di laman The Real World bahkan menyebut Argentina sebagai kiblatnya para pecinta daging di dunia.

Banyak negara yang mengklaim Argentina adalah pemilik steak sapi paling enak di dunia. Sapi-sapi di negara itu diberikan makan rumput pampas, dengan siklus hidup yang cukup baik.

Peternak pada umumnya membiarkan sapi mereka hidup bebas di bawah sinar matahari sehingga menghasilkan daging terbaik.

7. Memiliki Agama “Maradona”

Sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui bahwa beberapa masyarakat Argentina memiliki agama Maradona.

Agama Maradona ini didirikan oleh 3 orang penggemar berat Maradona bernama Hector, Alejandro, dan Hernan, di Kota Rosario.

Mereka menjadikan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, sebagai sosok yang patut dipuja. Tanggal kelahiran Maradona, yakni 30 Oktober, dijadikan sebagai hari Natal.

Kemudian, tanggal 22 Juni dijadikan sebagai hari Paskah. Tanggal tersebut adalah hari di mana Maradona mencetak 2 gol dalam laga kontra Inggris di ajang Piala Dunia 1986.

Pengikut agama itu berjumlah 120 ribu sampai 200 ribu orang.

8. Olahraga Utamanya Bukan Sepak Bola

Terkenal memiliki timnas sepak bola yang sangat tangguh di lapangan hijau, tak membuat sepak bola menjadi olahraga nasional Argentina.

Negara ini justru menjadikan pato sebagai olahraga utama dan nasional di negara itu. Pato adalah sebuah olahraga tradisional Argentina yang dilakukan dengan menunggang kuda.

Permainan ini sudah diciptakan sejak abad ke-17 dan dimainkan di kalangan peternak. Hal ini juga menjadi hiburan bagi para gaucho atau koboy Argentina.

Pato adalah olahraga dengan risiko tinggi dan sangat berbahaya. Namun, tetap digemari oleh masyarakat.

9. Dinosaurus Naga Ditemukan di Argentina

Para peneliti di Argentina menemukan satu fosil dinosaurus naga yang pernah hidup sekitar 146 juta sampai 66 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus itu dikenal masuk dalam spesies pterosaurus dan terbesar di Amerika Selatan. Lebar sayap dinosaurus tersebut diperkirakan mencapai 9 meter.

Peneliti mengidentifikasi temuannya itu adalah azhdarchids, dan masuk dalam pterosaurus. Sementara itu, fosil ini ditemukan ketika penggalian untuk proyek konstruksi sipil dilakukan, di luar Kota Mendoza.

10. Surganya Perak

Nama Argentina rupanya berasal dari kata Argentum, yang berarti perak. Melansir laman The Real Argentina, sejak abad ke-16 para pengrajin perak asal Eropa sudah berdatangan ke Argentina untuk memperoleh berbagai jenis perak dari suku Sungai Perak atau Guarani di Rio de La Plata.

Diyakini, sungai ini mengalir ke Sierra del Plata, gunung mistik perak. Meskipun tidak ada yang bisa membuktikan kebenarannya, namun memang wilayah tersebut memiliki banyak tambang perak.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)