Rusia-China Bersiap Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut

Selasa, 20 Desember 2022 - 04:30 WIB
loading...
Rusia-China Bersiap Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut
Rusia-China Bersiap Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut. FOTO/Anadolu Agency
A A A
MOSKOW - Rusia dan China akan melakukan latihan Angkatan Laut bersama yang diberi nama Naval Interaction-2022, di Laut China Timur pada 21-27 Desember. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (19/12/2022).

“Tujuan utama latihan ini adalah untuk memperkuat kerja sama Angkatan Laut antara Federasi Rusia dan Republik Rakyat Tiongkok, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Menurut pernyataan itu, penembakan rudal dan artileri bersama terhadap sasaran udara akan dilakukan oleh kedua Angkatan Laut, selain penembakan artileri ke sasaran laut dan latihan manuver anti-kapal selam bersama.

“Angkatan Laut Rusia pada latihan tersebut akan diwakili oleh kapal unggulan Armada Pasifik Orde Nakhimov, kapal penjelajah rudal penjaga Varyag, fregat Marsekal Shaposhnikov, korvet proyek 20380 Pahlawan Federasi Rusia Aldar Tsydenzhapov dan Sovershennyy,” kata Kementerian Pertahanan Rusia lebih lanjut.

Pernyataan itu menambahkan bahwa dua kapal perusak, dua kapal patroli, satu kapal pemasok terintegrasi, dan satu kapal selam diesel akan dilibatkan dalam latihan dari pihak China. Kedua negara telah mengadakan latihan tahunan "Interaksi Angkatan Laut" sejak 2012.



Pada bulan September, China mengirim lebih dari 2.000 tentara bersama dengan lebih dari 300 kendaraan militer, 21 pesawat tempur dan tiga kapal perang untuk ikut serta dalam latihan bersama dengan Rusia.

Manuver tersebut menandai pertama kalinya China mengirim pasukan dari tiga cabang militernya untuk mengambil bagian dalam satu latihan Rusia, yang digambarkan sebagai pertunjukan tentang luas dan dalamnya rasa saling percaya China-Rusia.

Kerja sama pertahanan antara Moskow dan Beijing semakin kuat sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari.

China, yang telah mendeklarasikan persahabatan "tanpa batas" dengan Rusia, dengan tegas menolak mengkritik tindakan Moskow, menyalahkan AS dan NATO karena memprovokasi Kremlin, dan mengecam sanksi hukuman yang dijatuhkan pada Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)