Kelompok Tempur Kapal Induk China Masuk Pasifik Barat untuk Latihan Perang

Minggu, 18 Desember 2022 - 05:21 WIB
loading...
Kelompok Tempur Kapal Induk China Masuk Pasifik Barat untuk Latihan Perang
Kelompok tempur kapal induk Liaoning Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China. Foto/China Military
A A A
BEIJING - Kelompok tempur kapal induk Liaoning dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China melintasi Selat Miyako dan memasuki Pasifik Barat untuk latihan perang.

Kapal-kapal perang bagian dari kelompok tempur tersebut adalah kapal perusak Tipe 055. Manuver itu telah dimulai sejak Jumat, hari yang sama ketika Jepang mengumumkan rencana untuk melengkapi dirinya dengan rudal yang mampu menyerang China.

Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Jepang dalam siaran persnya mengatakan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang melihat pergerakan armada Angkatan Laut PLA tersebut sejak Kamis.

Mereka terdiri dari kapal induk Liaoning, kapal perusak besar Tipe 055 Anshan dan Wuxi, kapal perusak Tipe 052D Chengdu, fregat Tipe 054A Zaozhuang dan kapal pengisian ulang komprehensif Tipe 901 Hulunhu. Mereka berlayar dari Laut China Timur melintasi Selat Miyako dan masuk ke Pasifik Barat.



Sebelumnya, dari Senin hingga Kamis, Jepang juga melaporkan bahwa kapal perusak besar Tipe 055 Lhasa, kapal perusak Tipe 052D Kaifeng dan kapal pengisi ulang Tipe 903A Taihu telah berlayar dari Laut China Timur melintasi Selat Osumi ke Pasifik Barat.

Sebuah Kapal pengintai elektronik Angkatan Laut PLA dengan nomor lambung 796 dan kapal perusak kelas Sovremenny Taizhou juga telah berlayar dari Laut China Timur melintasi Selat Miyako ke Pasifik Barat.

Tidak diketahui apakah semua kapal yang disebutkan di atas benar-benar bagian dari kelompok tempur kapal induk Liaoning, tetapi jumlah kapal perusak besar Tipe 055 kelas 10.000 ton yang memecahkan rekor dapat berarti bahwa ini adalah konfigurasi paling kuat dari kelompok kapal induk Liaoning.

Sebelumnya, hanya ada satu Tipe 055 yang ditampilkan dalam kelompok tempur kapal induk tersebut, dan kali ini ada tiga.

Pakar militer China, Song Zhongping, mengatakan kelompok tempur kapal induk Liaoning tampaknya melakukan latihan tempur rutin, di mana kapal-kapal dalam kelompok itu akan berlatih gerakan terkoordinasi dan operasi bersama, dan jet tempur berbasis kapal induk akan berlatih lepas landas dan mendarat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)