Pengamat Ragukan Kemampuan Rusia Tingkatkan Serangan ke Kiev

Sabtu, 17 Desember 2022 - 22:05 WIB
loading...
Pengamat Ragukan Kemampuan Rusia Tingkatkan Serangan ke Kiev
Pengamat Ragukan Kemampuan Rusia Tingkatkan Serangan ke Kiev. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Meskipun ibu kota Ukraina menderita salah satu serangan rudal terbesar sejak awal invasi Rusia pada bulan Februari, para analis dan pengamat meragukan bahwa Moskow mampu melakukan serangan darat baru terhadap Kiev di awal tahun depan. Sebab, pasukan Rusia dinilai tidak siap dan babak belur setelah 10 bulan peperangan.

Pejabat Ukraina mengatakan pada Jumat (16/12/2022), bahwa Kiev bertahan dari salah satu serangan roket terbesar yang dihadapinya sejak Rusia menginvasi Ukraina dan bahwa pertahanan udara Ukraina telah menembak jatuh 37 dari sekitar 40 rudal yang memasuki wilayah udara kota tersebut.



Kepala angkatan bersenjata Ukraina mengatakan, mereka mencegat 60 dari 76 rudal yang diluncurkan ke sasaran infrastruktur di kota-kota di seluruh negeri. Pasukan Rusia menembakkan rudal jelajah dari fregat Laksamana Makarov di Laut Hitam, sementara rudal jelajah Kh-22 ditembakkan dari pembom Tu-22M3 jarak jauh di atas Laut Azov, kata angkatan udara Ukraina.

Panglima Tertinggi Ukraina Jenderal Valeriy Zaluzhny juga mengatakan minggu ini bahwa dia mengharapkan serangan baru Rusia ke Kyiv pada bulan-bulan pertama tahun 2023.

“Rusia sedang mempersiapkan sekitar 200.000 pasukan baru. Saya yakin mereka akan mencoba lagi di Kyiv,” kata Zaluzhny kepada majalah The Economist.

Serangan besar Rusia bisa terjadi “pada bulan Februari, paling baik pada bulan Maret dan paling buruk pada akhir Januari”, katanya.



Meskipun Rusia memobilisasi 300.000 cadangan antara September dan Oktober, para ahli militer mengatakan bahwa pasukan baru Moskow tidak mungkin cukup terlatih atau diperlengkapi untuk mencoba menyerbu Kyiv lagi.

Upaya pertama Moskow pada Februari dan Maret berakhir dengan penghinaan, berkat upaya pertahanan yang sengit oleh Ukraina ditambah dengan masalah pasokan, intelijen, dan komando yang signifikan di jajaran Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)