Desak Negosiasi Damai, Kissinger Kembali Sarankan Ukraina Serahkan Wilayahnya ke Rusia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:23 WIB
loading...
Desak Negosiasi Damai, Kissinger Kembali Sarankan Ukraina Serahkan Wilayahnya ke Rusia
Henry Kissinger. Foto/CNBC
A A A
WASHINGTON - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger kembali mengemukakan pendapatnya terkait dengan perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki bulan ke sepuluh.

Dalam essai berjudul "Bagaiman Menghindari Perang Dunia Lain" yang dimuat laman The Spectator, Kissinger mendesak untuk dilakukannya pembicaraan damai. Proses perdamaian ini, bagaimanapun caranya, harus menghubungkan Ukraina dengan NATO.

"Alternatif netralitas tidak lagi berarti, apalagi setelah Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO," tulisnya seperti dikutip dari The Spectator, Sabtu (17/12/2022).



Politisi kelahiran Jerman ini pun kembali menyinggung soal garis gencatan senjata yang direkomendasikannya pada bulan Mei lalu.

"Rusia akan melepaskan penaklukannya dari sana, tetapi bukan wilayah yang didudukinya hampir satu dekade lalu, termasuk Crimea," katanya.

"Wilayah itu bisa menjadi subjek negosiasi setelah gencatan senjata," sambungnya.

Dikatakan oleh Kissinger, jika garis pemisah sebelum perang antara Ukraina dan Rusia tidak dapat dicapai dengan pertempuran atau negosiasi, jalan lain untuk prinsip penentuan nasib sendiri dapat dieksplorasi.



"Referendum yang diawasi secara internasional mengenai penentuan nasib sendiri dapat diterapkan pada wilayah yang sangat memecah belah yang telah berpindah tangan berulang kali selama berabad-abad," usul Kissinger.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)