20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Sabtu, 17 Desember 2022 - 10:50 WIB
loading...
20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)
Salah satu kota mati di dunia menjadi lokasi syuting film James Bond. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tempat-tempat yang dulu berkembang pesat, desa dan kota ini sekarang ditinggalkan. Gedung-gedung kosong, jalan-jalan, dan bahkan mobil-mobil merekapada akhirnya menyatu denganalam untuk direklamasi selama bertahun-tahun.

Ada sejumlah faktor mengapa desa dan kota ini ditinggalkan. Apakah dihancrukan selama perang, dievakuasi untuk latihan amunisi atau ditinggalkan setelah logam dan mineral berharga yang dimilikinya telah habis. Berikut adalah beberapa desa dan kota terlantar yang menarik di dunia seperti dikutip dari CNN, Sabtu (17/12/2022).

1. Oradour-Sur-Glane, Prancis

20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Foto: Euro Camping Cars

Oradour-Sur-Glane relatif tidak tersentuh sejak 10 Juni 1944, ketika sebagian besar penduduknya dibantai oleh Waffen SS, cabang militer dari Nazi.

Selama kekejaman tersebut, pria ditembak dan dibunuh di lumbung, sementara wanita dan anak-anak juga dibunuh saat gereja tempat mereka dikurung diledakkan. Korban ditembak mati saat mereka melarikan diri.

Pemimpin masa perang Charles De Gaulle kemudian memutuskan bahwa Oradour-Sur-Glane harus ditinggalkan sebagai bukti kekejaman Nazi.

Sebuah desa baru dengan museum peringatan, dibuka sejak 1999, telah dibangun di dekatnya.

2. Wharram Percy, Inggris Raya

20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Foto: Britain Express

Bisa dibilang desa sepi abad pertengahan yang paling terkenal di Inggris, Wharram Percy, ditemukan di Yorkshire Wolds yang indah, pernah menjadi rumah bagi dua rumah bangsawan dan sebuah gereja yang menakjubkan.

Yang terakhir adalah satu-satunya bangunan yang masih berdiri, tetapi fondasi rumah yang dibangun oleh keluarga bangsawan Percy masih bisa dilihat, begitu pula rumah petani di sekitarnya.

Populasi desa menyusut selama bertahun-tahun karena penduduk setempat pindah karena beralih ke peternakan domba. Desa itu ditinggalkan tidak lama setelah 1500, ketika penduduk terakhir yang tersisa digusur.

Saat ini situs tersebut, yang sekarang dikelola oleh English Heritage, merupakan daya tarik utama bagi para arkeolog dan turis.

3. Belchite, Spanyol

20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Foto: Fascinating Spain

Di garis depan antara pasukan Republik dan fasis selama Perang Saudara Spanyol, Belchite menjadi pusat pengepungan selama seminggu antara Agustus dan September 1937, sebelum akhirnya jatuh ke tangan pasukan Jenderal Francisco Franco pada tahun 1939.

Ditinggal seperti dulu, desa kecil yang terletak di selatan Zaragoza di timur laut Spanyol berdiri sebagai peringatan bagi mereka yang jatuh, reruntuhan gerejanya yang menakjubkan sangat mempengaruhi.

Tempat sepi, di mana sebuah desa baru, dibangun pada tahun 1939, dapat ditemukan di dekatnya, membuat perjalanan sehari yang menarik dari Zaragoza.

4. Craco, Italia

20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Foto: Time Out

Terletak di ujung selatan Italia, lokasi Craco yang berbukit-bukit dan arsitektur spektakuler menjadikannya salah satu kota terlantar yang paling menawan secara visual di dunia.

Penduduk mulai pergi setelah serangkaian tanah longsor yang disebabkan oleh saluran pembuangan dan saluran air pada tahun 1960-an, dan Craco benar-benar ditinggalkan setelah gempa bumi Irpinia pada tahun 1980.

Sejak itu, kota hantu tidak hanya menarik ribuan turis, tetapi juga menjadi lokasi syuting yang populer, ditampilkan dalam film-film seperti James Bond 2008 yang menawarkan "Quantum of Solace."

5. Grand-Bassam, Pantai Gading

20 Kota Mati Paling Menarik di Dunia, Ada Lokasi Film James Bond (Bagian 1)

Foto: Trip Advisor

Sementara Grand-Bassam masih memiliki populasi yang berkembang pesat, banyak bangunannya yang paling mencolok telah kosong selama bertahun-tahun.

Pernah menjadi ibu kota kolonial Prancis di Pantai Gading, kota resor ini sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, dengan struktur terkenal seperti Kantor Pos lama, Bank Afrika Tengah, dan Hotel de France.

Sejarah Grand-Bassam berawal lebih jauh dari Prancis. Orang-orang Nzema, juga dikenal sebagai Ndenye atau Apollonian, dari Pantai Gading diperkirakan telah tinggal di sini sejak abad ke-15, mengembangkan kota ini menjadi pelabuhan yang ramai dan desa nelayan sebelum kedatangan penjajah.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)