7 Fakta Al Ula, Kota Berhantu yang Rasulullah Pun Tak Sudi Untuk Sekadar Mampir

Senin, 09 Oktober 2023 - 17:48 WIB
loading...
7 Fakta Al Ula, Kota Berhantu yang Rasulullah Pun Tak Sudi Untuk Sekadar Mampir
Para pemimpin Arab berpose untuk foto bersama pada KTT ke-41 Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Al-Ula, Arab Saudi, 5 Januari 2021. Foto/Bandar Algaloud/Saudi Royal Court/REUTERS
A A A
AL ULA - Al Ula merupakan kota bersejarah di Arab Saudi yang terletak di sebelah utara Madinah. Kota yang satu ini dikenal sebagai 'Kota Berhantu' yang ada di Arab Saudi.

Saking berhantunya, Rasulullah SAW juga telah menghindari kota ini meskipun hanya sekedar mampir saja. Hal itu bisa terjadi karena kota Al Ula dianggap terkutuk.

Lantas, seperti apa kota Al Ula ini? Simak beberapa ulasan fakta berikut ini.

Fakta Kota Al Ula

1. Kota Tempat Jin Jahat Singgah


Kota Al Ula adalah salah satu situs bersejarah yang penuh keajaiban di Kerajaan Arab Saudi. Kota kuno ini disebut berhantu dan terkutuk karena dianggap sebagai tempat tinggal jin jahat.

2. Ibu Kota Lihyanites


Kota Al Ula dulunya adalah ibu kota Lihyanites (Dedanites), kerajaan kuno Arab yang hidup antara abad ke-7 hingga abad ke-6 SM. Kerajaan ini terkenal karena memiliki sistem tulisan dan bahasa sendiri yang disebut Lihyanite.

3. Memiliki Arkeologi Spektakuler


Kota Al Ula juga memiliki situs arkeologi yang spektakuler, yaitu Mada’in Saleh, yang dibangun oleh orang-orang Nabatean lebih dari 2.000 tahun lalu.

Dikutip dari laman World Abandoned, Mada’in Saleh adalah situs warisan dunia UNESCO pertama di Arab Saudi. Situs ini sudah memiliki hampir 100 makam dengan fasad rumit yang dipahat di batu pasir.

4. Memiliki Hubungan dengan Nabi Saleh


Kota Al Ula memiliki hubungan dengan Nabi Saleh AS, yang dikirim oleh Allah SWT untuk menyeru kaum Tsamud agar bertauhid.

Namun, kaum Tsamud menolak dakwah Nabi Saleh AS dan bahkan membunuh unta betina yang diberikan sebagai mukjizat oleh Allah SWT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)