Netanyahu: Arab Saudi dan Israel Berdamai, Konflik Arab-Israel Berakhir

Jum'at, 16 Desember 2022 - 10:30 WIB
loading...
Netanyahu: Arab Saudi dan Israel Berdamai, Konflik Arab-Israel Berakhir
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan perdamaian Israel dan Arab Saudoo akan mengakhiri konflik Arab-Israel. Foto/NPR
A A A
TEL AVIV - Prakarsa perdamaian antara Israel dan Arab Saudi akan mengarah pada penyelesaian konflik Israel-Palestina . Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada Al Arabiya.

Netanyahu menyarankan bahwa memperluas kemajuan yang dibuat dalam Perjanjian Abraham 2020 ke negara-negara Arab lainnya akan menjadi rute perdamaian yang lebih efektif daripada terlibat langsung dengan para pemimpin Palestina, yang dia klaim tidak mau mengakui Negara Israel.

“Saya pikir perdamaian dengan Arab Saudi akan memiliki dua tujuan: Ini akan menjadi lompatan besar untuk perdamaian keseluruhan antara Israel dan dunia Arab, itu akan mengubah wilayah kita dengan cara yang tak terbayangkan,” katanya.

“Dan saya pikir itu akan memfasilitasi, pada akhirnya, perdamaian Palestina-Israel. Saya percaya itu. Saya berniat untuk mengejarnya,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (16/12/2022).

Netanyahu juga menyalahkan para pemimpin Palestina atas kegagalan mencapai perdamaian.



“Alasan kami tidak memiliki perdamaian Israel-Palestina adalah karena kepemimpinan Palestina selama seabad terakhir telah menolak untuk melakukan apa yang akhirnya terjadi di seluruh dunia Arab - dan itu adalah untuk mengakui bahwa Negara Israel disini untuk tinggal," ujarnya.

Tetapi Netanyahu mengakui bahwa mencapai perdamaian dengan Arab Saudi, rumah Islam dan ekonomi terbesar dunia Arab, terserah kepada kepemimpinan Arab Saudi.

Pada tahun 2002, Arab Saudi mempelopori Prakarsa Perdamaian Arab, sebuah proposal untuk mencapai perdamaian Arab-Israel jika Israel setuju untuk mengembalikan semua pendudukan wilayah Arab.

Ketika ditanya tentang inisiatif tersebut dan apakah dia siap untuk menggunakannya sebagai cetak biru, Netanyahu menghindari komitmen terhadap persyaratan yang telah ditetapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)