Diplomat Zionis: Normalisasi Israel dan Arab Saudi Diharapkan Terjadi Tahun Ini

Jum'at, 09 Desember 2022 - 07:28 WIB
loading...
Diplomat Zionis: Normalisasi Israel dan Arab Saudi Diharapkan Terjadi Tahun Ini
Diplomat senior Israel Danny Danon sebut normalisasi negaranya dengan Arab Saudi diharapkan terjadi tahun ini. Foto/Annual Abraham Accords Global Leadership Summit
A A A
ROMA - Seorang diplomat senior Israel mengatakan normalisasi hubungan diplomatik antara negaranya dengan Kerajaan Arab Saudi diharapkan terjadi tahun ini.

Danny Danon, diplomat Zionis yang pernah menjabat sebagai perwakilan tetap Israel untuk PBB, menyampaikan hal itu dalam forum "Annual Abraham Accords Global Leadership Summit" diRoma pada hari Kamis.

Danon mengungkapkan prioritas pertama pemerintahan mendatang Benjamin Netanyahu adalah perdamaian dengan Arab Saudi.

"Saya membawa kabar baik dari Yerusalem...kunjungan kenegaraan pertama Perdana Menteri Netanyahu adalah ke Abu Dhabi, dan kami berharap Riyadh akan menyusul," katanya.

“Abraham Accords tidak dibangun dalam sehari. Bagian tersulit adalah go public," ujarnya.

Baca juga: Normalisasi Arab Saudi dengan Israel Hanya Masalah Waktu

Abraham Accords atau Kesepakatan Abraham adalah perjanjian normalisasi Israel dengan beberapa negara Teluk, termasuk Uni Emirat Arab, pada 2020. Kesepakatan itu ditengahi oleh Amerika Serikat di era pemerintahan Presiden Donald Trump.

“Kami telah berhubungan dengan Saudi selama bertahun-tahun–saya bekerja secara pribadi dengan mereka di PBB dalam masalah stabilitas dan keamanan regional," ujar Danon.

"Kesepakatan penuh antara Israel dan Arab Saudi sekarang dapat diharapkan tahun ini," imbuh dia.

"Hanya masalah waktu sebelum para pemimpin berani melangkah keluar dari bayang-bayang dan perdamaian penuh dicapai antara semua anak-anak Abraham," lanjut dia, merujuk pada Nabi Ibrahim (Abraham) dan keturunannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2113 seconds (11.252#12.26)