Habis-habisan Bantu Ukraina, NATO Dihantam Krisis Senjata

Rabu, 14 Desember 2022 - 04:38 WIB
loading...
Habis-habisan Bantu Ukraina, NATO Dihantam Krisis Senjata
Habis-habisan bantu Ukraina, NATO dihantam krisis senjata. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Hampir semua negara NATO melihat persediaan senjata dan amunisi yang menipis karena jumlah bantuan yang mereka kirim ke Ukraina . Hal itu diungkapkan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk blok tersebut Julianne Smith.

Menghadapi hal itu, AS, NATO, dan Uni Eropa (UE) semuanya berupaya mendesak industri militer Barat untuk meningkatkan produksi guna mengatasi kekurangan tersebut.

Berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh think-tank CSIS, Smith menggunakan contoh Estonia, yang telah memberikan bantuan dalam jumlah besar ke Ukraina dan sekarang menghadapi beberapa kekurangan yang sangat nyata.

“Mereka tidak sendirian. Kami melihat bahwa di seluruh aliansi tertulis besar,” kata perwakilan tetap AS untuk NATO itu seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (14/12/2022).



Sementara "grup kontak" untuk Ukraina difokuskan pada pengorganisasian pengiriman ke Kiev, kata Smith, NATO telah menugaskan Konferensi Direktur Persenjataan Nasional (CNAD) untuk menangani masalah penurunan stok di seluruh aliansi. Sementara itu, UE telah meluncurkan inisiatif terpisah yang ditujukan untuk industri militer.

“Banyak bunga bermekaran di sini,” kata Smith kepada CSIS, seraya menambahkan bahwa kuncinya adalah menemukan “jaringan ikat” sehingga UE, NATO, dan AS bekerja sama dan tidak bertentangan.

Dari penjelasan Smith, semua upaya ini ditujukan untuk membujuk industri militer di Barat untuk memperluas produksi.

AS dan sekutunya telah menyalurkan bantuan militer ke Ukraina sejak 2014, tetapi meningkatkan pengiriman amunisi, senjata kecil, dan senjata berat – termasuk tank dan artileri – mulai Februari, ketika konflik dengan Rusia meningkat.

Sejak itu, Moskow berkali-kali memperingatkan negara-negara Barat agar tidak mempersenjatai Kiev, dengan alasan itu hanya akan memperpanjang konflik yang sedang berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)