5 Negara Amerika Latin dengan Populasi Muslim Terbanyak

Selasa, 13 Desember 2022 - 20:28 WIB
loading...
5 Negara Amerika Latin dengan Populasi Muslim Terbanyak
(Foto dari kiri ke kanan) Lizette Duran, Manal Alfaouri, Ximena Hernandez Linares berdiri bersama di musola setelah mengucapkan syahadat di Miguel Hidalgo, Mexico City, Meksiko. Foto/authenticallymuslim.com
A A A
CARACAS - Islam merupakan agama minoritas di Amerika Latin. Di masing-masing negaranya, jumlah penduduk Muslim bahkan tidak sampai 2 juta jiwa.

Namun bila dijabarkan, negara Amerika Latin mana sajakah yang memiliki populasi Muslim terbanyak? Berikut daftarnya.

1. Argentina

Argentina dilaporkan memiliki penduduk Muslim dengan jumlah 800 ribu hingga 1 juta jiwa. Pada tahun 2030 mendatang, populasinya diperkirakan akan bertambah hingga menyentuh angka 1,2 juta jiwa atau 2,5% dari jumlah penduduk keseluruhan negara tersebut.

Melansir laman Council on Hemispheric Affairs, Argentina mendapat banyak pengungsi dari Timur Tengah, terutama Suriah dan Lebanon, pada abad ke-19 sampai 20.

Negara ini menjadi rumah terbesar bagi masyarakat Muslim di Ameika Latin. Di seluruh antero Argentina, terdapat banyak masjid, salah satunya adalah masjid King Fahd dan The Islamic Cultural Center yang terletak di Buenos Aires.

Masjid ini bahkan dinobatkan sebagai masjid terbesar di Argentina yang diresmikan pada tahun 2000.

2. Suriname

Jumlah Muslim yang tercatat di Suriname adalah 13,5% dari jumlah populasi negara tersebut atau sekitar 500 ribu orang.

Dalam tulisannya yang bertajuk Surinamese Muslims in a Plural Society, R S Chickrie menyampaikan bahwa masyarakat Muslim di Suriname tergolong aktif secara ekonomi dan politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)