Erdogan: Rudal Turkiye Bakal Hantam Athena, Yunani Ketakutan

Senin, 12 Desember 2022 - 14:40 WIB
loading...
Erdogan: Rudal Turkiye Bakal Hantam Athena, Yunani Ketakutan
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengancam akan menyerang Athena dengan rudal balistik Tayfun. Dia mengeklaim Yunani sudah ketakutan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan rudal balistik Tayfun milik Turkiye akan menghantam Athena jika Yunani terus mempersenjatai pulau-pulau Aegea.

Menurut Presiden Turkiye tersebut, Yunani sudah ketakutan karena ibu kotanya, Athena, menjadi target misil Ankara.

Erdogan, dalam sebuah acara di provinsi Samsun pada Sabtu pekan lalu, mengatakan ketakutan sudah dirasakan negara rival setelah Turkiye menguji coba rudal balistik Tayfun.

"Sekarang kami sudah mulai membangun rudal kami. Tentu saja, produksi ini membuat orang Yunani ketakutan. Ketika Anda mengatakan 'Tayfun (Topan)', orang Yunani takut. Mereka (Yunani) mengatakan itu akan menghantam Athena. Tentu saja, itu akan menghantam," katanya seperti dikutip TRT World, Senin (12/12/2022).



“Jika Anda mencoba membeli sesuatu (untuk mempersenjatai) dari sana-sini, dari Amerika hingga pulau-pulau, negara seperti Türkiye tidak akan menjadi penonton. Ia harus melakukan sesuatu,” imbuh Erdogan pada sebuah acara di provinsi Samsun utara pada hari Sabtu.

Pada bulan Oktober, TĂĽrkiye melakukan uji tembak rudal balistik jarak pendek Tayfun di atas Laut Hitam. Senjata itu merupakan buatan dalam negeri. Rudal tersebut dapat mencapai target pada jarak 561 kilometer dalam waktu 456 detik.

Turkiye dan Yunani sejatinya sama-sama negara NATO. Namun, keduanya telah berseteru selama puluhan tahun.

Ankara telah mengeluhkan tindakan provokatif dan retorika berulang kali dari Athena dalam beberapa bulan terakhir, termasuk mempersenjatai pulau-pulau di dekat pantai Turkiye yang didemiliterisasi berdasarkan perjanjian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)