Gunung Berapi Lascar Lontarkan Abu Vulkanik, Chili Keluarkan Peringatan Keselamatan

Minggu, 11 Desember 2022 - 13:31 WIB
loading...
Gunung Berapi Lascar Lontarkan Abu Vulkanik, Chili Keluarkan Peringatan Keselamatan
Chili keluarkan peringatan keselamatan setelah gunung berapi Lascar melontarkan abu vulkanik. Foto/BBC
A A A
SANTIAGO - Otoritas Chili mengeluarkan peringatan keselamatan setelah sebuah gunung berapi mengirimkan kolom letusan setinggi 6.000 meter ke langit.

Gunung berapi Lascar, yang terletak di Andes, bergemuruh pada hari Sabtu waktu setempat dan memicu gempa bumi kecil.

Sejauh ini tidak ada kerusakan di daerah sekitarnya yang dilaporkan, namun peringatan keselamatan yang awalnya hijau dinaikkan menjadi kuning.



Layanan Geologi dan Pertambangan Nasional Chili (Sernageomin) mendefinisikan "kuning" sebagai arti gunung berapi tidak stabil.

Klasifikasi tersebut juga berarti para ahli memantau lokasi ledakan kecil dan munculnya asap, menurut Sernageomin, seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/12/2022).

Penduduk Talabre, Antofagasta, sebuah kota kecil yang berjarak kurang dari 12 km dari gunung berapi itu, pertama kali melihat beberapa aktivitas sekitar tengah hari.



Meskipun awan asap raksasa yang dipancarkan Lascar - terdiri dari abu vulkanik dan gas panas - diperkirakan tidak ada rumah yang rusak. Pihak berwenang telah menetapkan batas larangan masuk 5 km dari kawah gunung berapi.

Gunung berapi Lascar, yang berada di wilayah utara negara itu dan berjarak 70 km dari San Pedro de Atacama, adalah tujuan wisata populer untuk trekking dan kunjungan ke Gurun Atacama, tempat terkering di Bumi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)