Serbia Peringatkan Situasi Kosovo di Ambang Perang

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:19 WIB
loading...
Serbia Peringatkan Situasi Kosovo di Ambang Perang
Orang-orang yang menghadiri protes menyusul keputusan warga Serbia setempat meninggalkan institusi Kosovo, di Mitrovica Utara, Kosovo, 6 November 2022. Foto/REUTERS/Fatos Bytyci
A A A
BEOGRADE - Perdana Menteri (PM) Serbia Ana Brnabic memperingatkan pihak berwenang di Pristina telah membawa situasi di Kosovo ke ambang perang.

Beograd pada Jumat (9/12/2022) telah mengumumkan akan mencari kembali pasukan keamanannya ke provinsi yang memisahkan diri itu.

Serbia mengklaim pasukan penjaga perdamaian yang dipimpin NATO (KFOR) gagal dalam tugasnya.

Serbia memiliki hak mengerahkan hingga 1.000 personel keamanannya di provinsi tersebut berdasarkan ketentuan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1244, menurut Brnabic.

“Karena KFOR tidak memenuhi kewajibannya dan orang Serbia di Kosovo-Metohija tidak merasa aman,” papar dia.



Brnabic menunjuk ke beberapa insiden pekan ini, termasuk KFOR dan polisi etnis Albania menggerebek taman kanak-kanak di Leposavic.

Dia mengatakan pemerintah Kosovo yang dipimpin Albin Kurti melanggar perjanjian Kumanovo dan Brussels setiap hari, mengacu pada gencatan senjata 1999 dan kesepakatan teknis 2013.

“Selain penggerebekan taman kanak-kanak, otoritas etnis Albania menghancurkan seluruh stok kilang anggur keluarga Serbia di Velika Hoca dan secara harfiah menduduki seluruh kota Kosovska Mitrovica dengan ratusan polisi khusus bersenjata lengkap,” ujar Petar Petkovic, komisaris pemerintah Serbia untuk Kosovo, Kamis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)