Taiwan Siapkan Skenario Terburuk Hadapi China

Kamis, 08 Desember 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Tanpa semikonduktor, produk tersebut tidak akan berfungsi. Saat ini, banyak negara berlomba menyaingi Taiwan.

Atas alasan itu, Taiwan optimistis China tidak akan gegabah. “Jika Xi Jinping (Presiden China) menyerang (Taiwan), hal itu akan menjadi bencana bagi dunia,’’ ungkap Wu kepada wartawan dalam program Ministry of Foreign Affairs Republic of China (Taiwan), Tentative Program for International Press Group on Taiwan’s Political and Economic Development III di Taipei pada 13-19 November 2022.

Program ini diikuti sedikitnya 32 wartawan dari 24 negara di seluruh dunia, termasuk KORAN SINDO.

Senada dengan Wu, Wakil Menteri Ekonomi (Wamenko) Taiwan Chern-Chyi Chen mengungkapkan China akan berpikir tujuh kali sebelum melakukan invasi militer.

Pasalnya, jika Taiwan hancur, banyak industri di berbagai negara juga akan hancur, termasuk di China. Hal itu akan menjadi pengorbanan besar.

"Jadi, kalau Taiwan diserang, seluruh industri semikonduktor akan hancur. Hal itu otomatis akan mengganggu jalannya industri di banyak negara di dunia,” jelas Chen.

Saat ini, produk semikonduktor Taiwan benar-benar telah memegang kendali perkembangan penting dalam teknologi aplikasi masa depan.

Chen menambahkan dominasi di bidang semikonduktor membantu Taipei terhindar dari agresi militer China.

"China adalah mitra dagang utama kami. Sekitar 40% ekspor kami ditujukan menuju China, 90% di antaranya semikonduktor untuk mendukung industri lokal. Jadi ada saling ketergantungan,’’ jelasnya.

Selat Taiwan Bersitegang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)