Sempat Menolak, Polandia Terima Rudal Patriot dari Jerman

Rabu, 07 Desember 2022 - 19:51 WIB
loading...
Sempat Menolak, Polandia Terima Rudal Patriot dari Jerman
Sempat menolak, Polandia dengan kecewa terima rudal Patriot dari Jerman. Foto/Ilustrasi
A A A
WARSAWA - Menteri Pertahanan Polandia , Mariusz Blaszczak mengatakan, negara itu akan menerima tawaran sistem pertahanan rudal Patriot yang ditawarkan Jerman pada bulan lalu.

Langkah itu dilakukan setelah keduanya sempat terlibat perselisihan setelah Polandia meminta agar sistem pertahanan udara itu dipindahkan ke Ukraina.

Berlin menolak proposal itu dan mengatakan akan bertindak dengan cara yang sama seperti anggota NATO lainnya, tidak menerapkan sistem khusus ini di Ukraina.

Jerman mengajukan tawaran itu setelah sebuah rudal jatuh di wilayah Polandia dan menewaskan 2 orang. Polandia dan NATO mengatakan kemungkinan rudal Ukraina yang salah tembak karena Ukraina mempertahankan diri dari serangan Rusia.



"Setelah berbicara dengan (Jerman pada hari Senin), saya kecewa menerima keputusan untuk menolak dukungan dari Ukraina," tulis Blaszczak.

"Menempatkan Patriot di Ukraina barat akan meningkatkan keamanan Polandia dan Ukraina," imbuhnya seperti dikutip dari DW, Rabu (7/12/2022).

Ia mengatakan Warsawa dan Berlin akan tetap melanjutkan dengan pengaturan mengenai penempatan peluncur di Polandia dan menghubungkannya ke sistem komando Polandia.

Sementara itu seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan bahwa Blaszczak dan Menteri Pertahanan Christine Lambrecht telah "pada prinsipnya setuju" untuk melanjutkan proposal awal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)