Mengaku Nabi, Pria Amerika Nikahi 20 Perempuan Termasuk Putrinya Sendiri

Rabu, 07 Desember 2022 - 00:03 WIB
loading...
Mengaku Nabi, Pria Amerika Nikahi 20 Perempuan Termasuk Putrinya Sendiri
Seorang pria di Amerika Serikat yang mengaku nabi bagi komunitas Mormon dituduh menikahi lebih dari 20 perempuan termasuk putrinya sendiri. Foto/Coconino County Superior Court via New York Post
A A A
WASHINGTON - Seorang pria yang mengaku sebagai nabi Mormon di Arizona telah ditahan dan diselidiki Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) setelah dituduh menikahi lebih dari 20 perempuan . Kebanyakan perempuan tersebut masih di bawah usia 15 tahun, dan itu termasuk putrinya sendiri.

Pria yang menjalani praktik poligami kontroversial ini bernama Samuel Rappylee Bateman (46).

Bateman memimpin kelompok cabang dari Mormon Fundamentalist Church of Jesus Christ of the Latter-Day Saints.

Sebanyak 8 gadis muda yang dipaksa menikah dengan Bateman ditemukan bersama di Airbnb di Washington setelah melarikan diri dari rumah kelompok pimpinan Bateman Arizona.



Gadis-gadis itu, termasuk yang termuda berusia 9 tahun, telah diamankan oleh Departemen Layanan Anak Arizona pada bulan September setelah seorang pelapor mengungkapkan bagaimana Bateman, yang mengemudikan Bentley, menikahi lebih dari 20 perempuan dan gadis muda termasuk putrinya sendiri.

Surat pernyataan FBI pada hari Jumat pekan lalu dan diperoleh oleh Salt Lake Tribune berisi tuduhan mengerikan terhadap Bateman tentang inses (perkawinan sedarah), tindakan seks berkelompok yang melibatkan orang dewasa dan anak-anak, dan perdagangan seks anak.

Bateman telah ditahan di penjara Arizona sejak FBI menggerebek dua rumahnya di Colorado City pada bulan September lalu.

Para agen FBI telah mencari bukti pernikahan di bawah umur atau hubungan seksual antara orang dewasa dan anak-anak.

Mengutip laporan Salt Lake Tribune, Selasa (6/12/2022), keluarga Bateman mengatakan kepada penyelidik pada awal 2019 bahwa dia merasa terdorong untuk mengambil putri remajanya sendiri sebagai istri.

Meskipun Bateman belum didakwa dengan pelecehan seksual, surat pernyataan itu mengeklaim bahwa FBI memiliki kemungkinan alasan untuk meyakini bahwa dia dan orang lain mengangkut anak di bawah umur antara Arizona, Utah, Nevada, dan Nebraska untuk terlibat dalam perilaku seksual terlarang antara Mei 2020 hingga November 2021.



Bateman mulai menyatakan diri sebagai seorang nabi pada tahun 2019, dan memperoleh sekitar 50 pengikut dan lebih dari 20 istri. Demikian surat pernyataan yang diajukan oleh Agen Khusus FBI Dawn A Martin.

Mayoritas istrinya adalah anak perempuan, saudara perempuan dan ibu dari dua keluarga poligami.

Martin diberi rekaman audio dari percakapan November 2021 di mana Bateman berkata "Bapa Surgawi" telah menginstruksikannya untuk "memberikan hal paling berharga yang dia miliki, kebajikan gadis-gadisnya" kepada tiga pengikut pria dewasanya.

Bateman kemudian diduga menyaksikan ketiga pria dewasa itu berhubungan seks dengan anak perempuannya, salah satunya baru berusia 12 tahun.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa putrinya telah mengorbankan kebajikan untuk Tuhan. "Tuhan akan memperbaiki tubuhnya dan mengembalikan selaput ke dalam tubuhnya. Saya tidak pernah lebih percaya diri dalam melakukan kehendaknya. Itu semua karena cinta,” kata Martin mengutip ucapan Bateman.

Pernyataan tertulis itu diajukan pada hari Jumat di pengadilan federal di Spokane, Washington, di mana delapan gadis dikeluarkan dari rumah Bateman oleh Departemen Keamanan Anak Arizona pada hari Kamis.

Gadis-gadis itu ditempatkan di rumah-rumah kelompok tersebut di pinggiran Phoenix, tetapi menghilang pada hari Minggu.

Bateman pernah menjadi pengikut tepercaya pemimpin FLDS Warren Jeffs, tetapi Jeffs baru-baru ini mencela Bateman dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada pengikutnya dari penjara.

Pengacara Bateman, Adam Zickerman, memperingatkan pada bulan September agar tidak menyimpulkan kasus itu tentang penganiayaan agama, tetapi tidak menyebutkan keyakinan Bateman atau apakah dia melakukan poligami.

Baik Kantor Kejaksaan AS di Arizona dan Zickerman menolak berkomentar setelah sidang pengadilan bulan September.

Hakim Magistrate AS Camille Bibles memerintahkan agar Bateman tetap berada di balik jeruji besi sementara kasusnya melewati pengadilan.

Bibles mengatakan Bateman memiliki koneksi untuk menerima bantuan jika diperlukan dan bahwa dia prihatin dengan gadis-gadis muda dalam posisi rentan. "Pengadilan memiliki minat yang luar biasa dalam melindungi orang yang tidak dapat melindungi diri mereka sendiri," katanya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)