Lapangan Udara Rusia Kembali Jadi Sasaran Serangan Drone, Sebuah Tangki Minyak Terbakar

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:10 WIB
loading...
Lapangan Udara Rusia Kembali Jadi Sasaran Serangan Drone, Sebuah Tangki Minyak Terbakar
Asap hitam terlihat dari setelah sebuah tangki minyak di lapangan terbang Rusia terbakar akibat serangan drone. Foto/Russia Today
A A A
MOSKOW - Sebuah lapangan udara Rusia kembali menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak (drone) pada Selasa (6/12/2022) menyebabkan sebuah tangki minyak terbakar. Serangan ini terjadi sehari setelah serangan yang sama juga terjadi di dua lapangan terbang Rusia lainnya yang melumpuhkan dua pesawat pembom berkemampuan nuklir.

Gubernur wilayah Kursk Rusia, Roman Starovoyt, dalam sebuah postingan di Telegram mengatakan bahwa serangan drone itu menyulut kebakaran di area bandara Kursk dan kobaran api dapat diatasi oleh kru di tempat kejadian.

“Akibat serangan drone, sebuah tangki penyimpanan minyak terbakar di area lapangan udara Kursk. Api sedang dilokalisasi. Semua lembaga darurat ada di lokasi,” kata Starovoyt dalam sebuah postingan Telegram pada Selasa pagi sekitar pukul 07.20 waktu setempat seperti dilansir dari Russia Today.

Para pejabat Ukraina belum secara resmi mengonfirmasi melakukan serangan pesawat tak berawak, mempertahankan kebijakan ambiguitas yang disengaja seperti yang telah mereka lakukan di masa lalu ketika datang serangan profil tinggi terhadap target Rusia seperti disitir dari AP.

Baca: Rusia Klaim Tembak Jatuh 2 Helikopter Mi-8 Ukraina

Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Rusia — lebih dari 500 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina — mengancam eskalasi perang selama sembilan bulan menjadi besar.

Serangan itu juga mengungkap kerentanan beberapa situs militer paling strategis Rusia, menimbulkan pertanyaan tentang keefektifan pertahanan udara mereka.

Sebelumnya dua pangkalan Rusia, di Wilayah Ryazan dan Saratov, menjadi sasaran senjata serupa. Salah satu lapangan terbang menampung pembom yang mampu membawa senjata nuklir. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan tiga prajurit Rusia tewas dan empat lainnya terluka oleh puing-puing, dan dua pesawat rusak ringan.

Kementerian tidak mengatakan dari mana drone itu berasal. Tetapi narablog militer Rusia mengatakan bahwa mereka kemungkinan diluncurkan oleh pengintai Ukraina, dan berpendapat bahwa serangan tersebut telah menimbulkan kerusakan reputasi yang serius di Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan terhadap pangkalan Engels di wilayah Saratov di Sungai Volga dan pangkalan Dyagilevo di wilayah Ryazan di Rusia barat adalah bagian dari upaya Ukraina untuk membatasi kekuatan pengebom jarak jauh Rusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2180 seconds (10.101#12.26)