3 Fakta Menarik Sirajuddin Haqqani, Penjabat Mendagri Afghanistan yang Jadi Buronan AS

Senin, 05 Desember 2022 - 18:14 WIB
loading...
3 Fakta Menarik Sirajuddin Haqqani, Penjabat Mendagri Afghanistan yang Jadi Buronan AS
Mendagri Taliban Afghanistan Sirajuddin Haqqani. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Terdapat sejumlah fakta menarik yang dimiliki Sirajuddin Haqqani, menteri dalam negeri (mendagri) Afghanistan yang dipilih Taliban.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu Taliban berhasil menguasai Afghanistan. Dalam hal ini, mereka juga mengumumkan pemerintahan baru dengan kabinet-kabinet yang diisi tokoh-tokoh seniornya.

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah sosok Sirajuddin Haqqani. Dalam hal ini, dia ditunjuk sebagai mendagri.

Lantas, siapakah sebenarnya Sirajuddin Haqqani? Berikut sejumlah fakta menarik yang dimilikinya.

1. Tokoh Senior di Taliban

Sebelum menguasai Afghanistan, Sirajuddin Haqqani telah dikenal sebagai salah satu tokoh senior di Taliban. Dikutip dari laman Anadolu, Senin (5/12/2022), meski berstatus orang penting di Taliban, namun Haqqani jarang menampakan dirinya.

Setelah kematian salah satu petinggi yang bernama Mullah Akhtar Mansorr, Sirajuddin diangkat sebagai satu dari tiga wakil pimpinan Taliban, tepatnya pada tahun 2016.

Diantaranya para pengikutnya, Sirajuddin disebut sebagai Khalifah Sahib.

2. Pemimpin Jaringan Haqqani

Kelompok Haqqani dipercayai Taliban menjaga keamanan Ibukota Afghanistan. Dikutip dari laman Anadolu, jaringan Haqqani ini terdaftar oleh Amerika Serikat sebagai kelompok teror pada 2012.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (10.55#12.26)