Rumah Pemanjat Tebing Iran yang Tampil Tanpa Jilbab Dihancurkan

Minggu, 04 Desember 2022 - 13:16 WIB
loading...
Rumah Pemanjat Tebing Iran yang Tampil Tanpa Jilbab Dihancurkan
Beredar sebuah video rumah pemanjat tebing profesional Iran Elnaz Rekabi, yang sempat tampil tanpa mengenakan jilbab dalam kejuaraan di Korea Selatan, dihancurkan. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
TEHERAN - Villa keluarga Elnaz Rekabi - seorang pemanjat tebing Iran yang berkompetisi di luar negeri dengan rambut terbuka - dilaporkan telah dihancurkan.

Sebuah video yang memperlihatkan reruntuhan rumah dengan medali olahraga di tanah mulai beredar minggu ini. Davood - saudara laki-laki Elnaz Rekabi dan juga seorang atlet papan atas - terlihat menangis dalam video tersebut.

Aktivis anti-pemerintah mengecamnya sebagai tindakan balas dendam terhadap Rekabi meskipun tidak jelas kapan rekaman itu diambil.

Namun kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim, telah mengkonfirmasi bahwa rumah tersebut telah dibongkar, tetapi mengatakan hal ini karena keluarga tersebut tidak memiliki izin yang sah untuk pembangunannya.

Dikatakan semua ini terjadi sebelum Rekabi berkompetisi tanpa jilbab pada bulan Oktober lalu seperti dilansir dari BBC, Minggu (4/12/2022).

Rekabi (33) menjadi pusat perhatian setelah tidak mengenakan jilbab saat berlomba di Korea Selatan (Korsel). Ia dianggap telah melanggar kode berpakaian wajib Iran.



Wanita di Iran diharuskan menutupi rambut mereka dengan kerudung, atau jilbab, dan lengan serta kaki mereka dengan pakaian longgar. Atlet wanita juga harus mematuhi kode berpakaian ketika mereka secara resmi mewakili Iran dalam kompetisi di luar negeri.

Peristiwa ini terjadi di tengah sikap oposisi terhadap penggunaan jilbab telah memicu aksi protes di Iran. Rekabi pun dielu-elukan sebagai pahlawan.

Kerumunan besar warga menyambut Rekabi di bandara Teheran setelah kompetisi di Korea Selatan, memanggilnya "pahlawan wanita". Dia tiba di bandara tanpa kerudung, menutupi rambutnya dengan topi baseball hitam dan hoodie.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)