Terbukti Ampuh, Negara NATO Ini Boyong HIMARS AS

Sabtu, 03 Desember 2022 - 22:17 WIB
loading...
Terbukti Ampuh, Negara NATO Ini Boyong HIMARS AS
Estonia memboyong sistem roket canggih AS, HIMARS, senilai Rp3 triliun. Foto/Ilustrasi
A A A
TALLIN - Estonia meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam proyek pengadaan senjata terbesar negara anggota NATO dan tetangga Rusia itu. Negara Baltik itu akan mengakuisisi sistem artileri roket canggih Amerika Serikat (AS).

Estonia dan AS telah menandatangani kesepakatan senilai USD200 juta atau senilai Rp3 triliun untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan mencakup peralatan seperti amunisi dan roket serta pelatihan.

Dalam sebuah pernyataan Pusat Investasi Pertahanan Estonia mengatakan paket itu termasuk roket HIMARS dengan jangkauan 70-300 kilometer. Lockheed Martin diperkirakan akan melakukan pengiriman pertama pada tahun 2024.



“Peluncur roket ganda HIMARS adalah langkah penting baru dalam pengembangan kemampuan pertahanan Estonia,” Letnan Kolonel Kaarel Maesalu, kepala departemen pengembangan kemampuan di Angkatan Pertahanan Estonia.

“Ini memungkinkan untuk mempengaruhi musuh secara meyakinkan bahkan sebelum melakukan kontak dengan unit infanteri kami,” imbuhnya seperti dikutip dari AP, Sabtu (3/12/2022).

Tetangga Baltik Estonia, Latvia dan Lituania, memiliki atau sedang dalam proses memperoleh HIMARS mereka sendiri.

Washington telah memberi Ukraina peluncur roket canggih itu selama invasi Rusia ke negara tersebut. Kementerian Pertahanan Estonia mengatakan sistem HIMARS telah membantu menghancurkan gudang amunisi militer Rusia, mode transportasi, dan pusat komando dan kendali dengan akurasi tepat di luar jangkauan howitzer yang telah digunakan Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)