Profil Lady Susan Hussey, Ibu Baptis Pangeran William yang Mengundurkan Diri karena Isu Rasisme

Jum'at, 02 Desember 2022 - 19:20 WIB
loading...
Profil Lady Susan Hussey, Ibu Baptis Pangeran William yang Mengundurkan Diri karena Isu Rasisme
Profil Lady Susan Hussey, Ibu Baptis Pangeran William yang Mengundurkan Diri karena Isu Rasisme. FOTO/GI
A A A
LONDON - Lady Susan Hussey merupakan ibu baptis dari Pangeran William . Dia merupakan salah satu dayang Ratu Elizabeth II yang telah bekerja lebih dari 60 tahun lamanya di Kerajaan Inggris .

Pada 30 November 2022 lalu, Hussey mengundurkan diri dari Istana Buckingham di tengah isu rasisme yang mencuat. Dikutip dari laman Tatler, Jumat (2/12/2022), isu tersebut muncul setelah Ngozi Fulani menceritakan sebuah insiden kala Lady Susan menanyai tempat asalnya.

Baca: Total Kekayaan PM Inggris Rishi Sunak Melebihi Raja Charles III

Lantas, siapakah sebenarnya Lady Susan Hussey ini? Lady Susan lahir pada tahun 1939. Dia merupakan putri bungsu dari pasangan Earl Waldegrave ke-12 dan saudara perempuan mantan menteri Kabinet Tory, William Waldegrave.

Istri dari Marmaduke Hussey ini bergabung bersama rumah tangga kerajaan setelah kelahiran Pangeran Andrew pada 1960. Sebagai salah satu yang paling senior, Hussey berperan untuk membantu para pendatang baru di Kerajaan seperti Lady Diana untuk menyesuaikan diri dengan hidup Istana.

Meski jarang tersorot, namun dia diketahui sering hadir dalam berbagai acara-acara penting Kerajaan Inggris. Sebagai contoh, dia pernah menemani Pippa Middleton ke gereja di Sandringham pada 2017.

Selama pengabdiannya, Lady Susan Hussey telah banyak mendapat penghargaan seperti Dame Grand Cross of the Royal Victorian Order hingga The Royal Household Long and Faithful Service Medal dari Queen Elizabeth II.

Salah satu fakta unik yang dimiliki Lady Susan kala menjadi dayang Ratu Elizabeth II adalah dia tidak dibayar untuk tugas tersebut. Adapun pekerjaan melayani Ratu ini dilakukannya sampai meninggal karena kesetiaan pribadi.

Baca: MA Inggris Tolak Permintaan Referendum Skotlandia

Dalam tugas kesehariannya, dia menemani sang Ratu kala berkunjung ke negara lain sebagai Kepala Negara. Tak hanya itu, Lady Susan juga menjadi salah satu orang yang menjawab surat yang ditujukan untuk Ratu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2586 seconds (11.210#12.26)