Terungkap, Belasan Perusahaan Negara NATO Bantu Rudal Rusia Gempur Ukraina

Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:23 WIB
loading...
Terungkap, Belasan Perusahaan Negara NATO Bantu Rudal Rusia Gempur Ukraina
Belasan perusahaan dari negara NATO diketahui memproduksi microchip untuk sistem navigasi Rusia yang memudahkan rudal-rudalnya bekerja dalam perang di Ukraina. Foto/RFERL
A A A
KIEV - Belasan perusahaan dari beberapa negara NATO diketahui membantu memandu rudal-rudal Rusia untuk membunuh warga sipil Ukraina . Ini menjadi ironi ketika aliansi itu gencar mendukung Kiev dalam melawan invasi Moskow.

Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan total ada 13 perusahaan yang menyediakan microchip untuk sistem navigasi Rusia yang memudahkan misil-misil Moskow bekerja.

Ke-13 perusahaan itu berasal dari empat negara NATO (Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Belgia) dan satu negara netral; Swiss.

“Rudal Rusia tidak mencapai sasarannya tanpa koordinat yang jelas,” kata Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina. "[Koordinat ini] ditentukan oleh sistem navigasi."

Baca juga: Inilah Rudal Berkemampuan Nuklir Rusia untuk Kuras Sistem Pertahanan Ukraina

GLONASS (Global Navigation Satellite System) adalah sistem navigasi Rusia yang setara dengan GPS (Global Positioning System) Amerika Serikat.

Rusia menggunakan GLONASS untuk mengarahkan misilnya ke infrastruktur sipil.

Direktorat tersebut mengeklaim bahwa rudal yang menggunakan GLONASS bergantung pada microchip yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan asing agar dapat beroperasi.

Di situs resminya, Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina menerbitkan daftar 13 perusahaan yang memproduksi microchip tersebut.

Daftar tersebut mencakup perusahaan AS (Linx Technologies, Broadcom, Qualcomm, Telit, Maxim Integrated, TRIMBLE, dan Cavli Wireless).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3445 seconds (11.210#12.26)