Mengenal Xinjiang, Provinsi di China dengan Populasi Muslim Terbanyak

Kamis, 01 Desember 2022 - 16:04 WIB
loading...
Mengenal Xinjiang, Provinsi di China dengan Populasi Muslim Terbanyak
Orang-orang berbaur di kota tua Kashgar, Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, China, 22 Maret 2017. Foto/REUTERS/Thomas Peter
A A A
XINJIANG - Salah satu negara kuat di dunia adalah China. Negeri Panda itu memiliki 31 provinsi, daerah otonom, dan kota besar yang berada di bawah administrasi langsung pemerintah pusat.

Dari banyaknya provinsi tersebut, Xinjiang adalah provinsi yang menarik lantaran mempunyai populasi Muslim terbanyak di China.

Diketahui, Islam menjadi agama minoritas di China. Data yang dihimpun tim Litbang MPI dari CFR (Council of Foreign Relations), agnostik adalah kepercayaan yang paling banyak dianut dengan persentase 31,8% dari populasi China.

Di posisi selanjutnya, ada agama tradisional China (30,8%), Buddha (16,6%), Kristen (7,4%), dan Islam dengan jumlah penganut 1,8%.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Ejek UE Habis-habisan karena Hapus Data Korban Ukraina

Xinjiang sendiri merupakan rumah bagi 26 juta orang dengan sekitar 58% warganya merupakan penganut Islam.

Etnis terbesar yang menempati Xinjiang adalah Uighur, ditambah Kazakh, Hui, Kyrgyz, dan etnis muslim lainnya. Untuk etnis Uighur sendiri, jumlahnya mencapai 12 juta orang.

Baca juga: Macron Kritik UU Pengurangan Inflasi Biden: Itu Akan Memecah Barat

Dahulu, masyarakat China biasa menyebut Xinjiang dengan Xiyu, yang berarti wilayah Barat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, wilayah ini dikenal dengan sebutan Xinjiang atau Perbatasan Baru.

Hal ini terjadi usai Xiyu dianeksasi oleh Dinasti Manchu pada abad ke-18. Provinsi ini berada di wilayah pegunungan yang relatif sepi dan terjal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2008 seconds (11.210#12.26)