Bom Bunuh Diri Hantam Mobil Polisi Pakistan Tewaskan 3 Orang

Rabu, 30 November 2022 - 17:13 WIB
loading...
Bom Bunuh Diri Hantam Mobil Polisi Pakistan Tewaskan 3 Orang
Bom bunuh diri menghantam mobil polisi Pakistan, menewaskan 3 orang. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
ISLAMABAD - Sebuah bom bunuh diri menghantam kendaraan polisi di kota Quetta, Pakistan barat daya. Menurut polisi, insiden itu menewaskan sedikitnya satu petugas polisi dan dua warga sipil serta melukai puluhan lainnya.

Wakil Inspektur Jenderal Polisi Quetta (DIG) Ghulam Azfar Mahesar mengatakan kepada wartawan bahwa kendaraan yang menjadi sasaran membawa personel keamanan yang dikerahkan untuk melindungi pekerja kampanye vaksinasi polio di ibu kota provinsi Balochistan, Pakistan.

Mahesar mengatakan insiden di distrik Buleli melukai sedikitnya 24 orang, 20 di antaranya adalah polisi. Dia menambahkan bahwa dua kendaraan lain juga rusak dalam serangan itu.

Javed Akhtar, seorang pejabat di rumah sakit pemerintah di Quetta, mengatakan bahwa seorang gadis berusia empat tahun dan seorang wanita termasuk di antara korban sipil.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, mengutuk ledakan itu. Ia mengungkapkan kesedihannya atas kematian warga sipil dan petugas polisi.

“Petugas polio menjalankan tugas mereka untuk memberantas penyakit ini tanpa mengkhawatirkan nyawa mereka. Mengakhiri polio sepenuhnya adalah salah satu prioritas utama pemerintah,” katanya seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu (30/11/2022).



Menteri Dalam Negeri Pakistan Rana Sanaullah juga mengeluarkan pernyataan, mengecam serangan itu dan meminta penyelidikan terperinci atas insiden tersebut.

Ketua Menteri Balochistan Abdul Quddus Bizenjo berjanji untuk melawan "tindakan pengecut".

"Semua yang terlibat dalam insiden ini dan fasilitatornya akan dibawa ke pengadilan," tegasnya.

Kelompok bersenjata Tehreek-e-Taliban (TTP) Pakistan, juga dikenal sebagai Taliban Pakistan, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Klaim ini hanya berselang dua hari setelah mengumumkan diakhirinya gencatan senjata yang disepakati dengan pemerintah pada bulan Juni.

“Serangan ini dilakukan setelah pengumuman penghentian gencatan senjata, dan direncanakan sebagai balas dendam atas kematian Omar Khalid Khorasani. Serangan kami akan berlanjut,” kata kelompok itu.

Khorasani adalah pemimpin senior TTP yang tewas dalam ledakan bom mobil di Afghanistan pada Agustus lalu.



Awal bulan ini, kelompok itu juga menargetkan kendaraan polisi yang lain di kota Lakki Marwat provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa, di mana enam personel polisi tewas.

Tim vaksinasi polio di Pakistan sering menjadi sasaran penyerang bersenjata. Selama dekade terakhir, hampir 100 orang yang terkait dengan kampanye imunisasi telah tewas di seluruh negeri.

Setidaknya ada lima serangan terhadap tim polio tahun ini, yang terakhir terjadi pada bulan Oktober, ketika penyerang tak dikenal menembak mati seorang polisi yang mengamankan petugas kesehatan vaksinasi polio di kota Pishin di Balochistan.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya kasus polio di Pakistan, yang merupakan satu-satunya negara selain Afghanistan di mana penyakit neurodegeneratif yang melemahkan itu tetap endemik.

Pakistan melaporkan 20 kasus polio baru tahun ini – semuanya di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Serangan Quetta juga terjadi saat tim kriket Inggris sedang melakukan tur ke Pakistan untuk memainkan seri uji coba pertama mereka dalam 17 tahun. Pertandingan pertama dari seri tiga tes akan dimulai pada hari Kamis di Rawalpindi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)