Ukraina Dibanjiri Senjata Era Soviet dari Anggota NATO, Ini yang Terbaru

Rabu, 30 November 2022 - 13:16 WIB
loading...
Ukraina Dibanjiri Senjata Era Soviet dari Anggota NATO, Ini yang Terbaru
Kendaraan tempur infanteri BMP-1 dikirim ke Ukraina. Foto/defence.ua
A A A
KIEV - Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad menyatakan negaranya mengirim lusinan kendaraan tempur infanteri BMP-1 ke Ukraina dengan imbalan pengiriman lapis baja yang dijanjikan dari Jerman.

Bratislava memiliki catatan mengirimkan perangkat keras militer usang ke Kiev sambil menerima pengganti yang kompatibel dengan NATO.

“Kedua negara menyepakati pertukaran senjata di musim panas,” ungkap Nad di media sosial.

Slovakia akan mendapatkan 15 tank tempur Leopard 2A4 yang dirombak, lengkap dengan amunisi, suku cadang, dan pelatihan, sebagai ganti perangkat keras era Soviet yang disumbangkannya ke Ukraina.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Medvedev Desak NATO Bertobat dan Bubarkan Diri

“Sekarang Slovakia telah memenuhi bagian dari tawar-menawar yang diharapkan tank Jerman akan mulai tiba paling cepat bulan depan dan kesepakatan akan selesai sepanjang tahun 2023,” ungkap Nad.

“Tank Leopard akan secara signifikan memperkuat kemampuan Slovakia dan membantunya membangun brigade mekanik berat berstandar NATO,” papar dia.

Nad berterima kasih kepada Menhan Jerman Christine Lambrecht untuk "kerja sama yang luar biasa" dalam tweet yang mengumumkan skema tersebut pada Selasa.

Baca juga: Luar Biasa, Jumlah Muslim di Inggris Bertambah 44% dalam 1 Dekade

Slovakia, sebagai bagian dari Cekoslowakia, adalah mantan anggota Pakta Warsawa yang bergabung dengan NATO pada tahun 2004.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1525 seconds (10.101#12.26)