Musuh Putin Sebut Menlu Belarusia Tewas Diracun Rusia

Selasa, 29 November 2022 - 23:17 WIB
loading...
Musuh Putin Sebut Menlu Belarusia Tewas Diracun Rusia
Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei meninggal mendadak dua hari sebelum bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Foto/NBC News
A A A
MINSK - Sebuah laporan terbaru mengklaim bahwa Menteri Luar Negeri Belarusia , Vladimir Makei, yang meninggal mendadak diracun dalam sebuah operasi yang didalangi oleh Kremlin.

Makei, seorang diplomat veteran dan mantan mata-mata, meninggal mendadak di tengah klaim bahwa ia melakukan kontak rahasia dengan Barat terkait perang di Ukraina dan mencegah Belarusia dimasukkan ke Rusia oleh Vladimir Putin .

Sebuah video menunjukkan Makei (64) terlihat sehat di pesawat kargo militer Belarusia minggu lalu sesaat sebelum dia meninggal. Ia diketahui tidak menderita penyakit kronis.

Beberapa laporan mengatakan dia mengalami serangan jantung dan kematiannya telah 'mengguncang' Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, yang sekarang mengkhawatirkan keselamatannya sendiri.

Adalah musuh Putin yang diasingkan dan pengusaha Leonid Nevzlin yang menuduh bahwa Makei meninggal akibat racun yang dikembangkan di laboratorium khusus FSB.

"Gambaran klinis dalam kasus tersebut sesuai dengan kematian akibat stroke atau gagal jantung," kata Nevzlin mengutip sumber dekat dengan layanan khusus Rusia itu seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (29/11/2022).

Nevzlin mengklaim bahwa teori keracunan didukung oleh fakta bahwa pejabat Belarusia itu tidak memiliki masalah kesehatan, menjalani gaya hidup aktif, dan tengah membuat rencana.

Baca: Akan Bertemu Lavrov, Menlu Belarusia Meninggal Mendadak

"Ketika dia tiba-tiba mendapat penyakit jantung, dia tidak pergi ke dokter karena dia tidak pernah mengalami masalah seperti itu sebelumnya dan tidak mementingkan rasa sakitnya," kata Nevzlin.

Ia kemudian mengutip ahli toksikologi Rusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3053 seconds (10.55#12.26)