Tsar Bomba Vs Castle Bravo, Senjata Pemusnah Massal Terkuat Rusia dan AS

Selasa, 29 November 2022 - 19:06 WIB
loading...
Tsar Bomba Vs Castle Bravo, Senjata Pemusnah Massal Terkuat Rusia dan AS
Tsar Bomba merupakan bahasa Rusia dari King of Bombs. Foto/wikipedia
A A A
MOSKOW - Bom nuklir milik dua negara digdaya yakni Amerika Serikat (AS) dan Rusia ini menarik untuk diulas. Publik juga ingin mengetahui bom mana yang lebih punya daya ledak lebih besar.

Amerika Serikat dan Rusia memang dikenal sebagai negara yang punya kekuatan militer dengan senjata mematikan termasuk bom nuklir.

Castle Bravo milik AS dan Tsar Bomba dari Rusia merupakan dua bom nuklir paling berbahaya saat ini, baik dari sisi ledakan hingga dampak yang ditimbulkan.

1. Castle Bravo

Dikutip dari laman Brookings, Castle Bravo memiliki berat sekitar 10.660 kg dengan daya ledak 15 megaton, hal tersebut membuatnya 1.000 kali lebih kuat dari senjata yang digunakan untuk meratakan Hiroshima dan Nagasaki.

Tsar Bomba Vs Castle Bravo, Senjata Pemusnah Massal Terkuat Rusia dan AS


Ledakan bom nuklir ini juga dapat menghasilkan kawah berdiameter 1.900 meter dengan kedalaman 76 meter. Pada 1 Maret 1954, AS sempat menguji bom ini di Bikini Atol, Kepulauan Marshall.

Tes tersebut mengakibatkan jatuhnya partikel nuklir yang menghujani penduduk Atol di dekat lokasi peledakan. Bertahun tahun kemudian penduduk di pulau tersebut mulai mengalami masalah kesehatan termasuk cacat lahir.

Diperkirakan sekitar 665 penduduk Kepulauan Marshall terpapar radiasi secara berlebihan. Kesalahan fatal ini membuat akhir pengujian dari senjata mematikan tersebut.

Secara keseluruhan, antara tahun 1946 dan 1958, Amerika Serikat melakukan 67 uji coba senjata nuklir di Samudera Pasifik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3291 seconds (10.177#12.26)