Pentagon Pertimbangkan Suplai Ukraina dengan Peluncur Bom Kecil

Selasa, 29 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
Pentagon Pertimbangkan Suplai Ukraina dengan Peluncur Bom Kecil
Pentagon Pertimbangkan Suplai Ukraina dengan Peluncur Bom Kecil. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pentagon sedang mempertimbangkan proposal Boeing untuk memasok Ukraina dengan bom presisi kecil dan murah, yang dipasang pada roket yang tersedia berlimpah. Senjata jenis ini memungkinkan Kiev untuk menyerang jauh di belakang garis pertahanan Rusia.

Persediaan militer Amerika Serikat (AS) dan sekutu menyusut. Kini, Ukraina menghadapi peningkatan kebutuhan akan senjata yang lebih canggih saat perang berlanjut. Sistem yang diusulkan Boeing, dijuluki Ground-Launched Small Diameter Bomb (GLSDB).



“Ini adalah salah satu dari sekitar setengah lusin rencana untuk mendapatkan amunisi baru ke dalam produksi untuk Ukraina dan sekutu Eropa Timur Amerika,” kata sebuah sumber industri, seperti dikutip dari Reuters.

Meskipun Amerika Serikat telah menolak permintaan untuk rudal ATACMS dengan jangkauan 185 mil (297km), jangkauan 94 mil (150km) GLSDB akan memungkinkan Ukraina untuk mencapai target militer yang berharga, yang berada di luar jangkauan dan membantunya terus menekan Rusia.

GLSDB dapat dikirimkan pada awal musim semi 2023, menurut sebuah dokumen yang ditinjau oleh Reuters dan tiga orang yang mengetahui rencana tersebut. Ini menggabungkan GBU-39 Small Diameter Bomb (SDB) dengan motor roket M26, yang keduanya umum di inventaris AS.

Doug Bush, pembeli senjata utama Angkatan Darat AS, mengatakan kepada wartawan di Pentagon pekan lalu bahwa Angkatan Darat juga melihat percepatan produksi peluru artileri 155 milimeter - yang saat ini hanya diproduksi di fasilitas pemerintah - dengan mengizinkan kontraktor pertahanan untuk membangunnya.



Invasi ke Ukraina mendorong permintaan senjata dan amunisi buatan Amerika, sementara sekutu AS di Eropa Timur "menempatkan banyak pesanan," untuk berbagai senjata saat mereka memasok Ukraina, tambah Bush.

"Ini tentang mendapatkan kuantitas dengan biaya murah," kata Tom Karako, ahli senjata dan keamanan di Pusat Studi Strategis dan Internasional. Menurutnya, persediaan AS yang turun membantu menjelaskan ketergesaan untuk mendapatkan lebih banyak senjata.

Karako juga mencatat bahwa keluarnya AS dari Afghanistan meninggalkan banyak bom yang dijatuhkan dari udara. Mereka tidak dapat dengan mudah digunakan dengan pesawat Ukraina, tetapi "dalam konteks hari ini kita harus mencari cara inovatif untuk mengubahnya menjadi kemampuan standoff."

Meski beberapa unit GLSDB sudah dibuat, namun pengadaan formal masih banyak kendala logistik. Rencana Boeing memerlukan pengabaian penemuan harga, membebaskan kontraktor dari tinjauan mendalam yang memastikan Pentagon mendapatkan kesepakatan terbaik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)