Moskow, Kota Muslim Terbesar di Benua Eropa

Selasa, 22 November 2022 - 14:15 WIB
loading...
Moskow, Kota Muslim Terbesar di Benua Eropa
Masjid Katedral Moskow merupakan salah satu masjid terbesar di benua Eropa. Foto/bridgetomoscow.com
A A A
MOSKOW - Sejak abad ke-21 Moskow ditetapkan sebagai Kota Muslim terbesar yang berada di Eropa. Alasannya, lebih dari 1,5 juta orang penduduknya, baik secara etnis maupun spiritual memiliki hubungan dengan Islam.

Moskow atau Moskwa merupakan ibu kota negara Rusia yang juga merupakan pusat politik, ekonomi, budaya dan sains paling utama negara itu. Kota Moskow tersendiri memiliki jumlah penduduk yang banyak di Rusia.

Jumlah penduduk yang tinggal di Moskow berdasarkan hasil sensus 2010 lalu sebanyak 11,5 juta jiwa.

Jumlah itu bertambah 230.000 penduduk sejak wilayah kota Moskow diperluas sejauh 2,5 kali ke arah barat kawasan Oblast Moskwa.

Baca juga: Ukraina Diam-diam Hapus Aturan Anti-Korupsi Para Politisi

Pada tahun 2011, Forbes juga mengatakan Moskwa dihuni penduduk dengan mereka yang penghasilannya di atas rata-rata.

Kota Moskow disadari kehadirannya pertama kali sejak tahun 1147 dimana sebelumnya kota ini pernah menjadi ibukota Kekaisaran Rusia yang kemudian dipindahkan pada masa Kekaisaran Rusia ke Sankt-Peterburg, kota baru di pesisir laut Baltik yang direbut dari Swedia ketika kalah melawan Rusia.

Kemudian setelah Revolusi Oktober selesai, Moskow kembali diangkat menjadi ibukota Rusia dan Uni Soviet sejak 1922 hingga 1991.

Baca juga: WHO: Hingga 3 Juta Warga Ukraina akan Bermigrasi pada Musim Dingin

Nama Moskow sendiri diambil dari nama sungai yang keberadaanya membelah kota yang artinya kota di tepi Sungai Moskwa. Dalam sejarahnya kota ini dipanggil Moskow pertama kali pada tahun 1147.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1791 seconds (10.177#12.26)