Ukraina Mulai Evakuasi Warga Sipil di Kherson dan Mykolaiv

Selasa, 22 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Ukraina Mulai Evakuasi Warga Sipil di Kherson dan Mykolaiv
Ukraina Mulai Evakuasi Warga Sipil di Kherson dan Mykolaiv. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Pihak berwenang Ukraina telah memulai evakuasi warga sipil dari daerah-daerah yang baru saja dibebaskan di wilayah Kherson dan provinsi tetangga Mykolaiv. Kiev khawatir kerusakan infrastruktur terlalu parah bagi orang-orang untuk melewati musim dingin.

“Penduduk dari dua wilayah selatan, yang secara teratur ditembaki dalam beberapa bulan terakhir oleh pasukan Rusia, telah disarankan untuk pindah ke daerah yang lebih aman di bagian tengah dan barat negara itu,” kata Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, seperti dikutip dari AP, Senin (21/11/2022).

Baca: Ukraina Akan Mulai Evakuasi Sukarela dari Kherson

Menurutnya, pemerintah Ukraina akan menyediakan transportasi, akomodasi, perawatan medis. Evakuasi dilakukan lebih dari seminggu setelah Ukraina merebut kembali kota Kherson dan daerah sekitarnya. Pembebasan daerah itu menandai perolehan medan perang yang besar.

Rusia telah menggempur jaringan listrik Ukraina dan infrastruktur lainnya dari udara, menyebabkan pemadaman listrik yang meluas dan membuat jutaan orang Ukraina tidak memiliki panas, listrik, atau air karena dingin yang dingin dan salju menyelimuti ibu kota, Kiev, dan kota-kota lain.

Di 15 wilayah Ukraina, pemadaman listrik empat jam atau lebih diperkirakan terjadi Senin, menurut Volodymyr Kudrytsky, kepala operator jaringan negara Ukraina, Ukrenergo. Lebih dari 40% fasilitas energi negara itu rusak akibat serangan rudal Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Baca: Perbedaan Kendaraan Militer Rusia Vs Israel yang Muncul di Kherson

Pada hari Minggu, ledakan kuat dari penembakan mengguncang wilayah Zaporizhzhia Ukraina, situs pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. IAEA, pengawas nuklir global, menyerukan “langkah-langkah mendesak untuk membantu mencegah kecelakaan nuklir” di fasilitas yang diduduki Rusia.

Kiev dan Moskow saling menyalahkan atas penembakan yang terjadi setelah berminggu-minggu relatif tenang di daerah yang telah menjadi lokasi pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0980 seconds (10.55#12.26)