George Habash, Sosok Kristen Palestina yang Berani Menentang Penjajah Zionis Israel

Senin, 21 November 2022 - 14:51 WIB
loading...
George Habash, Sosok Kristen Palestina yang Berani Menentang Penjajah Zionis Israel
George Habash merupakan tokoh kristen Palestina. Foto/palestine-studies.org
A A A
TEPI BARAT - Palestina memiliki sosok hebat yang sangat berani menentang penjajah Israel. Ia membentuk kelompok nasionalis sekuler sayap kiri bernama Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP).

Organisasi ini menjadikan Habash sebagai sekretaris jenderalnya di era 1990-an sampai 2000. Lantas, bagaimana profil George Habash?

Tokoh penting bagi rakyat Palestina ini lahir di Palestina, 1 Agustus 1925. Habash wafat di Amman, Yordania pada 26 Januari 2008.



Selama hidup, Habash yang juga berprofesi sebagai dokter dan politisi ini terkenal dengan julukan Al-Hakim.

Melansir laman Interactive Encyclopedia of the Palestine Question, Habash memiliki 5 saudara kandung yang terus menemani perjalanan kariernya hingga akhir hidup.

Habash menempuh pendidikan dasarnya di Lydda dan pindah ke Jaffa untuk melanjutkan ke institusi pendidikan ortodoks.

Ia menerima sertifikat matrikulasinya dari Terra Sancta College, Yerusalem. Usai menyelesaikan pendidikannya, Habash kembali ke Jaffa untuk mengabdikan diri sebagai guru.

Padahal, usianya baru menginjak 16 tahun. Terkenal sebagai pribadi yang cerdas, Habash diterima menjadi mahasiswa sekolah kedokteran di Beirut pada tahun 1944.

Semasa kuliah, Habash pun memiliki catatan akademik terbaik dan mempunyai ketertarikan di berbagai bidang, seperti musik, seni, hingga kegiatan politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)