PM Inggris Bersumpah Akan Dukung Kiev hingga Ukraina Menang

Minggu, 20 November 2022 - 19:40 WIB
loading...
PM Inggris Bersumpah Akan Dukung Kiev hingga Ukraina Menang
PM Inggris Bersumpah Akan Dukung Kiev hingga Ukraina Menang. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Sabtu (19/11/2022) bersumpah negaranya akan berdiri di sisi Kiev "sampai Ukraina menang". Hal itu diungkapkan Sunak selama kunjungan ke ibukota Ukraina.

"Saya di sini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris akan terus mendukung Anda sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan layak," kata Sunak dalam konferensi pers dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Keiv, seperti dikutip dari AFP.

Baca: PM Inggris Mendadak Sambangi Kiev, Janjikan 125 Senjata Anti-pesawat

Pemimpin Inggris mengumumkan paket pertahanan udara baru senilai £50 juta (USD60 juta), menurut pernyataan Downing Street. “Paket itu termasuk "120 senjata pesawat, radar dan peralatan anti-drone," kata Sunak.

Ukraina telah meminta lebih banyak sistem pertahanan udara karena Rusia menghancurkan infrastruktur energinya.

Ini adalah kunjungan pertama ke Kiev bagi pemimpin baru Inggris, yang negaranya telah menjadi sekutu setia sejak awal serangan pada Februari. "Sungguh rendah hati berada bersama Anda di negara Anda hari ini. Keberanian rakyat Ukraina adalah inspirasi bagi dunia," kata Sunak.

"Di tahun-tahun mendatang kami akan menceritakan kisah Anda kepada cucu-cucu kami, bagaimana orang-orang yang bangga dan berdaulat berdiri dalam menghadapi serangan yang mengerikan, bagaimana Anda berjuang, bagaimana Anda berkorban, bagaimana Anda menang," tambah Sunak.

Baca: Kiev Siap Evakuasi 3 Juta Orang Jika Situasi Semakin Memburuk

Zelensky sendiri memuji kunjungan yang bermakna dan bermanfaat bagi kedua negara. Dia mengatakan, mereka membahas "kemungkinan melindungi keamanan energi Eropa dan Ukraina" dan "kemampuan kami dalam melindungi langit Ukraina, serta kerja sama pertahanan secara umum".

Di Twitter, Zelenskyy mengatakan "dengan teman-teman seperti Anda di sisi kami, kami yakin dengan kemenangan kami".
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2278 seconds (10.101#12.26)