PM Inggris Mendadak Sambangi Kiev, Janjikan 125 Senjata Anti-pesawat

Minggu, 20 November 2022 - 07:32 WIB
loading...
PM Inggris Mendadak Sambangi Kiev, Janjikan 125 Senjata Anti-pesawat
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Foto/News4JAX
A A A
KIEV - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak melakukan perjalanan mendadak ke Ibu Kota Ukraina , Kiev. Ia lantas menjanjikan 125 senjata anti-pesawat dan teknologi pertahanan udara lainnya saat berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky .

Paket pertahanan udara senilai USD60 juta atau sekitar Rp938,4 miliar itudiberikansetelah Rusia menghancurkan jaringan listrik dan infrastruktur utama Ukraina lainnya dari udara. Ini menyebabkan pemadaman listrik yang meluas bagi jutaan warga Ukraina saat musim dingin yang sangat dingin semakin dekat.

Paket tersebut mencakup radar dan teknologi lain untuk melawan pesawat tak berawak yang dipasok Iran yang telah digunakan Rusia untuk menghancurkan target Ukraina. Bantuan itu datang di atas pengiriman lebih dari 1.000 rudal anti-udara yang diumumkan Inggris awal bulan ini.

Inggris telah menjadi salah satu negara Barat yang mendukung perlawanan Ukraina terhadap invasi Rusia paling setia. Negara ini tercatat telah memberikan Kiev USD2,7 miliar (Rp42,3 triliun) dalam bantuan militer.

Zelenskyy menggambarkan kedua negara sebagai "sekutu terkuat".



“Dengan teman-teman seperti Anda di sisi kami, kami yakin dengan kemenangan kami. Kedua negara kita tahu apa artinya membela kebebasan,” kata pemimpin Ukraina itu di Twitter seperti dilansir dari Globalnews, Minggu (20/11/2022).

“Keberanian rakyat Ukraina merupakan inspirasi bagi dunia,” kata Sunak dalam komentar bersama Zelenskyy di istana kepresidenan.

“Di tahun-tahun mendatang kami akan menceritakan kisah Anda kepada cucu kami,” imbuhnya.

Dia berjanji bahwa Inggris akan mendukung Kiev sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan layak diterimanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)