Buntut Serangan Rudal, Tim Sepak Bola Polandia Dikawal Jet Tempur F-16 ke Qatar

Sabtu, 19 November 2022 - 02:15 WIB
loading...
Buntut Serangan Rudal, Tim Sepak Bola Polandia Dikawal Jet Tempur F-16 ke Qatar
Pesawat pembawa tim sepak bola nasional Polandia untuk ajang Piala Dunia 2022 terbang ke Qatar dengan kawalan jet tempur F-16. Foto/Twitter/@LaczyNasPilka
A A A
WARSAWA - Tim sepak bola nasional Polandia dikawal ke ajang Piala Dunia di Qatar dengan jet tempur F-16. Itu dilakukan setelah sebuah rudal menghantam PrzewodĂłwon, wilayah Polandia timur yang dekat dengan perbatasan Ukraina , pada Selasa lalu.

Video dua jet tempur F-16 yang terbang di sebelah pesawat yang mengangkut pemain sepak bola Polandia telah di-posting oleh ESPN di Twitter. Video itu telah ditonton hampir 2 juta kali.

Jet-jet tempur itu mengawal pesawat pembawa tim sepak bola ke perbatasan selatan Polandia yang kemudian menuju Qatar.

Tim sepak bola nasional Polandia pada Jumat (18/11/2022) juga mem-posting gambar salah satu pesawat F-16 yang mengiringi pesawat mereka.



Rudal buatan Rusia yang menghantam kota Polandia pada hari Selasa, yang telah menewaskan dua orang, adalah insiden pertama dari perang Rusia di Ukraina yang secara langsung berdampak pada anggota NATO.

Polandia mengatakan bahwa rudal itu mendarat di wilayahnya, tetapi intelijen AS terbaru menyatakan bahwa serangan itu dihasilkan dari pencegatan sebagian rudal Rusia oleh sistem pertahanan udara Ukraina.

Tiga pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Associated Press bahwa penilaian awal menunjukkan bahwa rudal tersebut ditembakkan oleh pasukan Ukraina ke arah rudal Rusia yang masuk selama gelombang serangan rudal di Ukraina barat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut serangan rudal itu eskalasi yang sangat signifikan karena perang di negaranya terus berkecamuk.

Serangan terhadap salah satu dari 30 anggota blok NATO dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota berdasarkan Pasal 5 Piagam NATO, yang menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan eskalasi perang di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)