Biden Beri Selamat Partai Republik karena Menangkan Mayoritas DPR

Kamis, 17 November 2022 - 21:05 WIB
loading...
Biden Beri Selamat Partai Republik karena Menangkan Mayoritas DPR
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberi selamat kepada Partai Republik karena memenangkan mayoritas kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai hasil pemilu paruh waktu pada 8 November.

“Pemungutan suara pekan lalu menunjukkan kekuatan dan ketahanan demokrasi Amerika," ungkap Biden, seorang Partai Demokrat, dalam pernyataan singkat pada Kamis (17/11/2022).

Dia menambahkan, “Ada penolakan keras terhadap penyangkal pemilu, kekerasan politik, dan intimidasi.”

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemimpin (Kevin) McCarthy atas Partai Republik memenangkan mayoritas DPR,” ujar Biden.

Baca juga: China Marah FBI Tuding TikTok Ancaman Keamanan Nasional AS

“Demokrat dan Republik sekarang harus bekerja sama untuk menurunkan biaya, melindungi hak untuk memilih, dan melestarikan demokrasi kita,” papar presiden.

“Orang-orang Amerika ingin kita menyelesaikan sesuatu untuk mereka. Mereka ingin kita fokus pada masalah yang penting bagi mereka dan membuat hidup mereka lebih baik. Dan saya akan bekerja dengan siapa pun, Republik atau Demokrat, yang bersedia bekerja dengan saya untuk memberikan hasil bagi mereka,” ungkap dia.

Menjadi jelas bahwa Partai Republik mendapatkan kembali kendali DPR pada Rabu setelah AP menyatakan Mike Garcia sebagai pemenang di distrik kongres ke-27 California. Ini memberi Partai Republik 218 kursi, cukup untuk mayoritas tipis di majelis rendah Kongres.

Partai Republik tidak melakukannya sebaik yang diharapkan di pemilu paruh waktu, tetapi mereka masih dapat memperumit agenda legislatif Biden untuk dua tahun ke depan.

Senat tetap berada di tangan Demokrat, memberi mereka kendali atas penunjukan yudisial dan administrasi presiden.

Juga, undang-undang apa pun yang didorong Partai Republik akan membutuhkan dukungan bipartisan untuk membersihkan Senat atau menghindari veto dari Biden.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1543 seconds (10.177#12.26)