Rusia Bantah Rudalnya Menghantam Polandia

Rabu, 16 November 2022 - 04:45 WIB
loading...
Rusia Bantah Rudalnya Menghantam Polandia
Rusia bantah rudalnya menghantam Polandia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan belum melakukan serangan terhadap sasaran di dekat perbatasan Polandia - Ukraina . Pernyataan itu dikeluarkan menyusul laporan rudal Rusia menghantam desa Przewodow di Polandia dan menewaskan dua warga sipil.

Beberapa media dan politisi Barat mengklaim bahwa Rusia bertanggung jawab atas insiden tersebut. Namun, tidak ada bukti yang diberikan untuk mendukung pernyataan tersebut.

"Pecahan rudal, foto-foto yang diterbitkan oleh media Polandia di tempat kejadian, tidak ada hubungannya dengan senjata Rusia," kata Kementerian Pertahanan Rusia.



"Pernyataan oleh media dan pejabat Polandia tentang dugaan rudal 'Rusia' yang jatuh di wilayah desa Przewodow adalah provokasi yang disengaja untuk meningkatkan situasi," tambah militer Rusia seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (16/11/2022).

Pemerintah Polandia mengadakan pertemuan darurat dewan keamanan nasional pada Selasa malam, setelah laporan bahwa setidaknya dua warga sipil tewas ketika satu atau lebih rudal menghantam desa di wilayah Lublin, tepat di seberang perbatasan dengan Ukraina.

Sementara AP melaporkan bahwa rudal Rusia telah menyeberang ke Polandia, mengutip seorang pejabat intelijen senior Amerika Serikat (AS) yang tidak disebutkan namanya, Pentagon menolak untuk menguatkan klaim tersebut.



"Saya dapat memberi tahu Anda bahwa kami tidak memiliki informasi apa pun saat ini untuk menguatkan laporan tersebut dan sedang menyelidiki lebih lanjut," kata Brigadir Jenderal Angkatan Udara Patrick Ryder kepada wartawan, ketika ditanya tentang insiden Przewodow.

Juru bicara pemerintah Polandia Piotr Mueller meminta media dan masyarakat untuk tidak mempublikasikan informasi yang belum dikonfirmasi.

Pejabat dari negara-negara Baltik menyalahkan Rusia dan mengklaim bahwa Polandia harus menggunakan Pasal 5 NATO sebagai pembalasan. Sementara itu, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menuduh Rusia melakukan terorisme dan mengatakan NATO perlu bertindak melawan serangan terhadap keamanan kolektif ini.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)