Rudal Rusia Dilaporkan 'Nyasar' ke Polandia, 2 Tewas

Rabu, 16 November 2022 - 04:06 WIB
loading...
A A A
Estonia menyebut berita itu "paling memprihatinkan", menurut sebuah postingan Twitter dari Kementerian Luar Negeri Estonia.



“Estonia siap mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO,” tambahnya.

Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan dia prihatin dengan berita tersebut, dan Lithuania memiliki solidaritas yang kuat dengan Polandia.

“Setiap jengkal wilayah NATO harus dipertahankan!” tambahnya di media sosial.

Menteri Pertahanan Latvia Artis Pabriks menyalahkan Rusia, meskipun belum ada konfirmasi dari otoritas Polandia bahwa rudal Rusia mendarat di wilayahnya.

“Belasungkawa untuk saudara seperjuangan Polandia kami. Rezim kriminal Rusia menembakkan rudal yang menargetkan tidak hanya warga sipil Ukraina tetapi juga mendarat di wilayah NATO di Polandia. Latvia sepenuhnya mendukung teman-teman Polandia dan mengutuk kejahatan ini,” tulis Pabriks.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara adalah kelompok yang terdiri dari 30 negara Amerika Utara dan Eropa. Menurut NATO, tujuannya adalah untuk menjamin kebebasan dan keamanan anggotanya melalui sarana politik dan militer.

Aliansi tersebut dibentuk pada tahun 1949 sebagai respons atas dimulainya Perang Dingin. Tujuan awalnya adalah untuk melindungi Barat dari ancaman yang ditimbulkan oleh Uni Soviet. Sejak akhir Perang Dingin, banyak bekas negara Soviet telah bergabung dengan NATO, yang membuat Putin kesal.

Aspek yang paling terkenal dari aliansi tersebut adalah Pasal 5 dari perjanjian tersebut, yang jika digunakan, berarti serangan terhadap satu negara Sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua negara Sekutu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)