Biden Perkirakan Konflik Ukraina Melambat Selama Musim Dingin

Selasa, 15 November 2022 - 19:05 WIB
loading...
Biden Perkirakan Konflik Ukraina Melambat Selama Musim Dingin
Presiden AS Joe Biden disambut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat upacara penyambutan resmi untuk menandai dimulainya KTT G20 pada 15 November 2022 di Nusa Dua, Indonesia. Foto/Leon Neal/REUTERS
A A A
BALI - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperkirakan konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina diperkirakan akan "melambat" di musim dingin.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers usai pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di Bali, Indonesia, Senin (14/11/2022).

Ditanya bagaimana perebutan kota Kherson oleh pasukan Kiev setelah penarikan Rusia dapat mempengaruhi konflik dan apakah itu akan "menandakan titik balik" dalam permusuhan, Biden memuji perkembangan itu sebagai "kemenangan signifikan bagi Ukraina."



Biden juga berjanji tidak terlibat dalam negosiasi apa pun di Ukraina tanpa partisipasi Kiev di dalamnya.

“Saya sudah sangat jelas bahwa kami akan terus memberikan kemampuan bagi rakyat Ukraina untuk membela diri. Dan kami tidak akan terlibat dalam negosiasi apa pun. Tidak ada, tidak ada apa pun tentang Ukraina tanpa Ukraina,” ujar Biden.

Dia menambahkan, setiap negosiasi dengan Moskow adalah "keputusan yang harus dibuat oleh Ukraina."



Pada saat yang sama, Biden mengatakan AS memperkirakan konflik akan "sedikit melambat" di musim dingin mendatang karena "ketidakmampuan untuk bergerak dengan mudah di seluruh negeri."

Pernyataan itu menggemakan laporan media baru-baru ini, mengutip pejabat administrasi Biden yang tidak disebutkan namanya yang menyatakan permusuhan datang ke "jeda yang dipaksakan cuaca."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)